Ir. Priyambada, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN KINERJA PEMBAJAKAN MENGGUNAKAN BAJAK SINGKAL (MOLDBOARD PLOW) DAN BAJAK PUTAR (ROTARY PLOW) DI PT GREAT GIANT PINEAPPLE, LAMPUNG TENGAH


INTISARI
KAJIAN KINERJA PEMBAJAKAN MENGGUNAKAN BAJAK SINGKAL (MOLDBOARD PLOW) DAN BAJAK PUTAR (ROTARY PLOW) DI PT GREAT GIANT PINEAPPLE, LAMPUNG TENGAH
Ferdian Chandra Zaini, Ir.Priyambada, M.P., Ir. YT. Seno Ajar Yomo, M.P.
Jurusan Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta
Jl. Nangka II, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta, 55281 Indonesia
E-Mail: ferdianchandra4@gmail.com
Pengolahan tanah adalah proses di mana tanah di balik dan digemburkan dengan menggunakan bajak ataupun garu yang ditarik dengan berbagai sumber tenaga, seperti tenaga manusia, tenaga hewan dan mesin pertanian.
Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji kinerja pembajakan menggunakan bajak singkal (moldboard plow) dan bajak putar (rotary plow), mengetahui kapasitas kerja dan mengetahui biaya operasional. Penelitian ini dilaksanakan di PT Great Giant Pineapple, Kampung Terbanggi Besar, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pembajakan menggunakan bajak singkal dan bajak putar, mengetahui kapasitas kerja dan mengetahui biaya operasional.
Biaya untuk Kapasitas kerja aktual rata-rata yang diperoleh dengan menggunakan bajak singkal yaitu 0,42 ha/jam sedangkan kapasitas kerja aktual yang diperoleh menggunakan bajak putar yaitu 0,45 ha/jam. Untuk biaya operasional bajak singkal Rp2.250.982,72/hektar dan untuk bajak putar yaitu Rp2.197.959,57/ hektar.
Kata kunci : Traktor, bajak singkal, bajak putar, biaya.
Dosen Pembimbing I Dosen Pembimbing II

(Ir. Priyambada,MP) (Ir. YT. Seno Ajar Yomo, M.P.)

LOADING LIST...
ferdianchandra4@gmail.com
081237170098
NONE
Text
INSTIPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...