Ir. Erista Adisetya, M.M.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pemurnian Glukomanan Tepung Umbi Iles-iles (Amorphophallus oncophllus) dengan Variasi Konsentrasi Isopropil Alkohol dan Waktu Ekstraksi


Pemurnian Glukomanan Tepung Umbi Iles-iles (Amorphophallus oncophllus) dengan Variasi Konsentrasi Isopropil Alkohol dan Waktu Ekstraksi
Intisari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi isopropyl alcohol (IPA) dan waktu ekstraksi terhadap hasil glukomanan murni dari tepung iles-iles dan Menentukan konsentrasi glukomanan dan waktu ekstraksi terbaik yang menghasilkan kadar glukomanan terbaik.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama konsentrasi (isopropil alkohol), yang terdiri dari 3 taraf yaitu A1 70%, A2 80%, A3 90%. Untuk faktor kedua lama ekstraksi tepung iles-iles yang terdiri dari tiga taraf yaitu B1 10 menit, B2 30 menit, B3 50 menit. Glukomanan yang dihasilkan dianalisis dengan kadar air, kadar abu, rendemen, viskositas, kecerahan warna (L), kalsium oksalat, dan kadar glukomanan.
Konsentrasi isopropyl alcohol berpengaruh terhadap viskositas, rendemen, kalsium oksalat, dan kadar glukomanan. Namun tidak berpengaruh terhadap kadar air, warna, dan kadar abu. Sedangkan Lama waktu ekstraksi tidak berpengaruh pada kadar air dan kadar abu. Namun berpengaruh terhadap rendemen, viskositas, warna, kalsium oksalat, dan kadar glukomanan. Berdasarkan kemurnian glukomanan terbaiik adalah ekstraksi glukomanan dengan variasi konsentrasi isopropyl alcohol 80% dengan lama waktu ekstraksi 50 menit.

Kata kunci: Glukomanan, tepung iles-iles, pemurnian glukomanan

LOADING LIST...
mrahadiannur28@gmail.com
Ir. Erista Adisetya, M.M. - Personal Name
Muhammad Rahadian Nur - Personal Name
Dr. Ngatirah SP.MP (P) - Personal Name
082281510859
NONE
Text
INSTIPER
2023
YOGYAARTA
LOADING LIST...