DHYMAS NURCAHYONO; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Komposisi Media Tanam Dan Frekuensi Penyiraman Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit Pre Nursery


INTISARI
Penelitian tentang pengaruh komposisi media tanam dan frekuensi penyirama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery telah dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta di desa Maguwohardjo, Kecamatan Depok Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dimulai pada ahir bulan Februari sampai dengan bulan Mei 2017.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode percobaan factorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap atau CRD (Completey Randomized Design) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertaman adalah frekuensi penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu: 1 hari 1 kali, 2 hari 1 kali dan 3 hari 1 kali. Faktor kedua adalah komposisi media tanam yang terdiri dari 4 aras yaitu: pasir, pasir + latosol, pasir + kompos dan pasir + latosol + kompos. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombonasi perlakuan masing-masing diulang 6 kali, sehingga terdapat 72 satuan percobaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan seidik ragam (analisis of varian). Apabila ada beda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT), pada jenjang nyata 5%
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi yang nyata antara frekuensi penyiraman dan komposisi media tanam dalam mempengaruhi pertumbuhan bibit kelapa sawit. Frekuensi penyiraman 3 hari 1 kali sudah mecukupi untuk menghasilkan pertumbuhan bibit yang baik. Sedangkan komposisi media tanam terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery adalah pasir + latosol + kompos .
Kesimpulan dari penelitian pengaruh komposisi media tanam dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery adalah : yang perama tidak ada interaksi nyata antara komposisi media tanam dan frekuensi penyiraman dalam mempengaruhi pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, yang kedua media tanam terbaik dalam pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery adalah pasir + latosol + kompos dan yang ketiga frekuensi penyiraman tidak berpengaruh nyata terhadap petumbuhan bibit kelapa sawit.

Kata Kunci : Komposisi Media Tanam, Frekuensi Penyiraman, Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit

LOADING LIST...
dimas.nurcahyo212@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...