Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN AERATOR DI KOLAM AEROB TERHADAP LAJU SEDIMENTASI LUMPUR


Limbah industri kelapa sawit adalah limbah yang dihasilkan pada saat proses pengolahan kelapa sawit, limbah cair pabrik kelapa sawit di IPAL karena ntuk memiliki sistem pengolahan limbah yang efektif dan sesuai dengan standar lingkungan yang berlaku, agar dapat mengurangi dampak negatif limbah cair pada lingkungan dan masyarakat sekitar, proses pengolan limbah cair pabrik kelapa sawit di mulai dari cooling pond, mixing pond anaerobic pond, dan aerobic pond, untuk mempercepay proses digunakan aerator di kolam aerob.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukurparameter limbah cair pada kolam aerob dengan aerator dan tanpa aerator. Untuk parameter yang diamatai atau pengamatan paraemter di lakukan dengan beberapa pola dengan waktu 14 hari di bulan Agustus dan September 2022. Parameter sekali, Proses pengolahan limbah cair pabrik kelapa sawit, dimensi kolam pabrik kelapa sawit, parameter harian, PH, suhu, produksi limbah cair dan laju pengendapan lumpur, Parameter bulanan, BOD, COD, TSS, minyak lemak, nitrogen total, TDS
Jumlah rata – rata limbah cair dalam satuan ton ialah 598,5 ton. Sehinga setiap mengolah 1ton TBS akan dihasilkan limbah cair 64 %. PH kolam tanpa aerator lebih tinggi dengan PH rata – rata 5,71 dan suhu di kolam aerob tanpa dan menggunakan aerator aerator dengan rata – rata 39,71°C dan yang menggunakan aerator 39,42°C. Laju pengendapan lumpur dengan rata – rata 631,92 – 679,07 ml di jam 08.00 WIB dan di jam 16.00 WIB untuk kolam aerob tanpa aerator, laju pengendapan lumpur menggunakan aerator di jam 08.00 dan 16.00 WIB rata – rata 160,85 – 171,14 ml. Jadwal pengurasan kolam aerob tanpa aerator di butuhkan waktu 21 hari, dan untuk pengurasan kolam limbah cair aerob yang menggunakan aerator di butuhkan waktu 16 hari.
Kata Kunci : LCPKS, Aerator, kolam limbah.

LOADING LIST...
khafidzabdullah99@gmail.com
082239603020
NONE
Text
INSTPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...