Ir. Agus Prijono, M.P (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MONITORING KESEHATAN TANAMAN AGROFORESTRI KOPI DI BAWAH TEGAKAN POHON PINUS (Pinus merkusii) RPH TEMANGGAL BKPH MAGELANG KPH KEDU UTARA


Agroforestri adalah pengelolaan penggunaan lahan secara optimal dan lestari melalui perpaduan antara kegiatan kehutanan dan pertanian dalam satuan pengelolaan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat. Sistem agroforestri adalah sistem pertanian dimana pohon ditanam dengan satu atau lebih jenis tanaman semusim, seperti kopi. Metode penelitian ini menggunakan metode Forest Health Monitoring (FHM) yang bertujuan untuk memantau status tegakan, menilai kesehatan ekosistem hutan dan memantau jenis gangguan yang disebabkan oleh aktivitas alam dan manusia, serta mengetahui status kesehatan dan hasil produksi tanaman agroforestri kopi di bawah tegakan pinus di plot 13E-1 dan 13F RPH Temanggal BKPH Magelang KPH Kedu Utara.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat kerusakan (luka terbuka) yang diamati pada 117 pohon pinus di plot 13E-1 dengan umur tegakan 35 tahun termasuk kelas umur IV. Pada plot 13F dengan umur tegakan 13 tahun termasuk kelas umur III, 34 pohon pinus mengalami perubahan warna daun. Terdapat tanaman kopi di petak 13E-1 dengan jumlah 179 kopi dan petak 13F berjumlah 153 kopi. Kesehatan tanaman kopi di kedua petak tersebut berkembang dengan baik, meskipun di petak 13E-1 terdapat lokasi yang sangat lebat karena pertumbuhan tanaman kopi akibat pemeliharaan yang kurang optimal.
LOADING LIST...
Ir. Agus Prijono, M.P (p) - Personal Name
Yuslinawari, S.Hut.Msc - Personal Name
Irvansyah Dio Fajarditama - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...