Dr. Ir. Herry Wirianata, MS. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH LAMA PENAUNGAN DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama penaungan dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di KP2 Kali Kuning yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan ketinggian tempat 118 mdpl, pada bulan November 2022 sampai Februari 2023.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang disusun dalam Rancangan Petak Terpisah (RPT). Faktor I yaitu lama penaungan terdiri dari 4 aras tanpa naungan, naungan 4 minggu, naungan 8 minggu, dan naungan 12 minggu. Faktor II yaitu frekuensi penyiraman terdiri dari 2 aras 1 hari sekali dan 2 hari sekali. setiap perlakuan diulang sebanyak 7 kali. Data dianalisis menggunakan Analisis of Varian (anova), apabila ada beda nyata dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan (Duncans Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi nyata antara lama penaungan dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Lama penaungan 4 minggu sudah mampu meningkatkan tinggi bibit, jumlah daun, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat segar akar, berat kering akar, dan volume akar. Frekuensi penyiraman 1 hari sekali dan 2 hari sekali memberikan pengaruh serta hasil yang sama baiknya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit.

LOADING LIST...
dikaandraresta26@gmail.com
081229797530
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...