Eduardus yoskar ganadi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

kajian peremajaan sawit rakyat di perkebunan rakyat di kabupaten sanggau kalimantan barat


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter agronomi petani kelapa sawit, model replanting, pertumbuhan dan perkembangan tanaman replanting, upaya petani memperoleh pendapatan lain saat replanting, dan biaya replanting. Penelitian ini dilaksanakan di KUD Ngudi Luhur, KUD Himado, dan KUD Sawit Trija di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat selama 2 minggu di bulan Januari 2022.
Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari wawancara dan pengamatan langsung ke lapangan, sedangkan data sekunder didapat dari dinas perkebunan, BP3K dan literatur. Adapun parameter yang diamati adalah umur produktivitas tanaman kepala sawit, persiapan lahan, penanaman LCC, pemeliharaan kelapa sawit, koperasi/UMKM, data anggota koperasi/UMKM, kepemilikan lahan, lahan sawit, bibit sawit, lubang tanam dan penanaman, tumpang sari, panen, pemasaran, administrasi dan dana koperasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter agronomi KUD Sawit Trija memiliki 49 anggota dengan luas lahan 157.463 ha, KUD Himado memiliki 512 anggota dengan luas lahan 227.2117 ha, dan KUD Ngudi Luhur memiliki 50 anggota dengan luas lahan 120.5706 ha. Model replanting KUD Ngudi Luhur, KUD Sawit Trija, KUD Himado menggunakan Model Tanaman Ulang Total (MTUT) atau tumbang serempak. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman replanting dengan tinggi tanaman > 12 meter dan umur > 25 tahun. Upaya petani kelapa sawit memperoleh pendapatan lain pada masa peremajaan (replanting) ialah melalui tenaman sela atau tumpang sari seperti singkong, dan pisang. Biaya replanting KUD Sawit Trija sebesar Rp30.940.907/ha, KUD Himado sebesar Rp50.414.000/ha, dan KUD Ngudi Luhur sebesar Rp30.014.265/ha. Biaya replanting masing-masing KUD berbeda karena berkaitan dengan lokasi dan jarak sehingga ada tambahan biaya untuk angkut bibit ke lokasi replanting. Dalam proses replanting, para petani mendapatkan bantuan dari Pemerintah sebesar Rp30.000.000/ha, sementara pelaksanaan replanting membutuhkan biaya rata-rata sebesar Rp42.135.000. Oleh karena itu, petani harus menanggung biaya kurang lebih sebesar Rp12.135.000.

Kata Kunci: Petani, Kelapa Sawit, Replanting, Agronomi, Biaya

LOADING LIST...
eduardusyoskar84@gmail.com
Eduardus yoskar ganadi - Personal Name
Erick Firmansyah,S.P.,M.Sc - Personal Name
Ir.Sri Gunawan,M.P. (P) - Personal Name
085750725053
NONE
Text
INSTPER
2023
YOGYAKARTAA
LOADING LIST...