Dr. Ir Rawana, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisi Vegetasi Di Taman Kehati WonosadiKabupaten Gunungkidul,Daerah Istimewah Yogyakarta


ABSTRAK
Tujuan dilakukannya penelitian yaitu Untuk mengetahui jenis spesies, persebarannya, indeks nilai penting penyusun hutan, dan indeks keanekaragaman penyusun hutan di Taman Kahati Wonosadi, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Taman Kehati Wonosadi. Taman Kehati Wonosadi terletak di Padukuhan Duren, Kalurahan Beji, Kapanewon Ngawen dengan luas Taman Kehati nya yaitu, 5 Ha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sistematik sampling untuk mengetahui indeks nilai penting (INP). Pada penelitian ini, terdapat 36 spesies yang terdapat di Taman Kehati Wonosadi, berdasarkan tingkat tumbuh dibedakan menjadi empat fase/tingkat yaitu, semai, pancang, tiang, dan pohon.
Hasil penelitian ditemukan berapa jenis pohon di Taman Kehati Wonosadi, yang terdiri dari berapa famili. Dari penelitian juga didapatkan Indeks Nilai Penting (INP), INP dihitung dari setiap fase, untuk fase semai INP tertinggi pada jenis Risonggo dengan INP 50,39 dan INP terendah pada jenis Kemiri dengan INP 9,67. Sedangkan fase pancang INP tertinggi pada jenis Kemiri dengan INP 57,12 dan terendah pada jenis Langgar dengan INP 6,19,fase tiang tertinggi pada jenis Wegil dengan INP 106,01 dan fase terendah pada jenis Sirsak dengan INP 5,48 fase pohon tertinggi pada jenis Mahoni dengan INP 34,88 dan fase terendah pada jenis Wedang dengan INP 4,99.
Sedangkan indeks keanekaragaman dinilai berdasarkan rumusan Shannon Wienner didapatkan hasil indeks keseluruhan jenis pohon yang ada adalah sebesar 2,814 dan termasuk dalam tingkatan keanekaragaman yang sedang melimpah
Kata Kunci: Analisis Vegetasi; Taman Kehati Wonosadi; Indeks Nilai Penting


LOADING LIST...
Dr. Ir Rawana, MP - Personal Name
Yuslinawari, S.Hut., M.Sc. - p - Personal Name
Nico Martin Marbun - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2023
YOGYAKRTA
LOADING LIST...