Ir. Samsuri Tarmaja,MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN TIME AND MOTI0N STUDY KEGIATAN PANEN PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam aktivitas dalam melaksanakan kegiatan panen angkut TBS dan brondolan menuju TPH pada system panen manual dan mekanis; mengetahui waktu yang dibutuhkan setiap aktivitas panen angkut TBS dan brondolan pada sistem panen manual dan mekanis; dan untuk mengetahui perbedaan waktu yang dibutuhkan pada setiap aktivitas panen angkut TBS dan brondoolan pada system panen manual dan mekanis.
Kegiatan penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai bulan Mei 2021 di perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Bakrie Sumatera Plantations yang berada di Gambir Baru, Kec. Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Alat yang digunakan yaitu alat tulis, stopwatch/handphone. Bahan yang digunakan yaitu data waktu dan gerak pemanen. Mekanis dan Manual. Metode pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskripktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efisiensi kegiatan panen dipengaruhi oleh keragaman jumlah Gerakan dan waktu kegiatan potong buah. Efisiensi gerak dan waktu pengangkutan buah secara mekanis lebih tinggi dibandingkan dengan cara manual. Ada perbedaan waktu pengangkutan buah secara mekanis dan manual.

Kata Kunci: Time and Motion, Pekerja, Panen, Kelapa Sawit

LOADING LIST...
ihsannuddin533@gmail.com
Ir. Samsuri Tarmaja,MP. - Personal Name
Muhammad Ihsanuddin - Personal Name
Erick Firmansyah,SP.M.Sc. (P) - Personal Name
082134300931
NONE
Text
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...