Ir. Kusumastuti,M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EVALUASI ANTIOKSIDAN DAN ORGANOLEPTIK DARI MINUMAN FUNGSIONAL SARI BERAS HITAM DENGAN PENAMBAHAN JAHE


Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan rasio sari beras hitam dengan ekstrak jahe memberikan pengaruh terhadap karakteristik fisik, kimia, dan organoleptik minuman fungsional sari beras hitam serta mengetahui tingkat kesukaan panelis terhadap formulasi minuman fungsional sari beras hitam dengan penambahan jahe melalui uji hedonik.
Rancangan percobaan menggunakan RBL (Rancangan Blok Lengkap) dengan 2 faktor yaitu perbandingan tepung beras hitam dengan air (200 gr: 1 liter, 125 gr: 1 liter, 50 gr: 1 liter) dan faktor II penambahan jahe (1%, 3%, 5%). Parameter uji yang digunakan adalah uji fisik chromameter, total antosianin, aktivitas antioksidan, total fenol dan uji kesukaan organoletik (warna, rasa, dan aroma).
Hasil penelitian mengenai perbandingan tepung beras hitam dengan air serta penambahan jahe tidak berpengaruh terhadap uji fisik chromameter nilai L*, a*, b* dan total antosianin dan berpengaruh sangat nyata terhadap aktivitas antioksidan dan total fenol didapatkan sampel terbaik dengan kode A1B3 yang memiliki total fenol 0,39 mgGAE/ml, aktivitas antioksidan 62,29%. Uji kesukaan organoleptik keseluruhan sampel yang memiliki skor kesukaan 4 (netral) kode sampel A1B2 dan kode sampel lainnya menunjukkan skor kesukaan 5 (agak suka).

LOADING LIST...
phiranda123@gmail.com
082135263853
NONE
Text
INSTIPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...