Hangger Gahara Mawandha, SP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Konsentrasi Triklopir Butoksi Etil Ester dan Cara Aplikasi Untuk Mengendalikan Gulma Berkayu (Melastoma Affine) di Perkebunan Kelapa Sawit


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi triklopir butoksi etil ester dan cara aplikasi untuk mengendalikan gulma berkayu Melastoma affine di perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan di desa Balimbingan, Kec Tanah Jawa, Kab Simalungun, Sumatra Utara. Waktu penelitian selama 6 minggu dari bulan Agustus – Oktober 2022.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah percobaan faktorial yang diatur dalam Completely Randomized Design (CRD) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu cara aplikasi (A) yang terdiri dari tiga aras yaitu : semprot menyeluruh (A1), oles pangkal batang tanpa dikupas (A2), oles pangkal batang dikupas (A3). Faktor kedua adalah herbisida triklopir butoksi etil ester (T) yang terdiri dari tiga aras yaitu : 26,8g (T1), 33,5g (T2), 40,2g (T3). Data hasil penelitian ini dianalisi dengan menggunakan sidik ragam Analisis Of Variance (ANOVA) dengan jenjang nyata 5%. Perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) dengan jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian ini menunjukan tidak terjadi intraksi nyata pada 1 minggu setelah aplikasi sampai 4 minggu setelah aplikasi namun terjadi intraksi nyata antara teknik aplikasi dan herbisida triklopir pada 5 dan 6 minggu setelah aplikasi. Herbisida triklopir dengan dosis 26,8g disetiap perlakuan teknik aplikasi dapat mengendalikan gulma berkayu Melastoma affine di perkebunan kelapa sawit dan aplikasi semprot menyeluruh memberikan tingkat keracunan yang baik.

Kata kunci : Kelapa sawit, gulma berkayu, herbisida, triklopir
LOADING LIST...
adihaddadi685@gmail.com
Hangger Gahara Mawandha, SP., M.Sc - Personal Name
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
Adit Haddadi - Personal Name
082276049481
NONE
Text
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...