Dr. Ir. Candra Ginting, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENENTUAN DOSIS PUPUK BERDASARKAN DATA TONASE TANDAN BUAH SEGAR (TBS) PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


ABSTRAK
Produktivitas TBS di Indonesia terbilang sangat rendah dengan rata-rata produktivitas dibawah 15 ton.ha-1.tahun-1 masih sangat jauh dibawah potensinya itu sendiri yaitu sekitar 25 ton.ha-1.tahun-1, salah satu faktor penyebabnya adalah pemberian pupuk baik jenis maupun dosisnya belum dilakukan secara tepat.
Penelitian telah dilakukan sejak bulan Maret sd Oktober 2022 di perusahaan swasta perkebunan kelapa sawit berlokasi di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara. Penelitian dilaksanakan pada lahan seluas 812 ha yang terbagi dalam 28 blok, terdiri dari 7 perlakuan yang dilaksanakan masing-masing dalam 4 blok sebagai ulangan. Kondisi pH tanah relatif netral yaitu antara 6,0-6,9. Pupuk yang digunakan juga berbagai macam, yaitu Urea, Rock phosphate, Muriate of potash, Kieserit dan Dolomit. Dosis pupuk ditentukan berdasarkan produksi tonase tandan buah segar dan dibandingkan dengan dosis pupuk sesuai dengan rekomendasi hasil leaf sampling unit. Penelitian ini menggunakan data bulanan setiap blok dari bulan Maret sampai Oktober 2022 yang meliputi : berat janjang rata-rata (BJR), jumlah janjang per pokok (JJG/PKK), dan produktivitas (ton.ha-1.bulan-1). Data yang diperoleh kemudian dianalisis sidik ragam dan dilanjutkan uji Duncan’s multiple range test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bulan Maret, April dan Oktober terjadi beda nyata antar perlakuan dimana pada bulan Maret terjadi bedanyata pada produktivitas tandan buah segar dimana perlakuan P1 menunjukan produktivitas tertinggi. Pada bulan April dan Oktober terdapat perbedaan nyata pada hasil janjang per pokok dimana pada bulan April perlakuan P5 menunjukan jumlah janjang per pokok tertinggi dibandingkan perlakuan lain sama halnya pada bulan Oktober jumlah janjang per pokok tertinggi tercermin pada perlakuan P1. Namun demikian tidak terjadi perbedaan nyata pada berat janjang rata-rata mulai dari Maret hingga Oktober. Dengan demikian penentuan dosis pupuk dapat ditentukan berdasarkan data tonase tandan buah segar sebagai pilihan selain berdasarkan hasil Leaf Sampling Unit untuk diimplementasikan di lapangan.

LOADING LIST...
winaldotj88@gmail.com
Dr. Ir. Candra Ginting, MP (P) - Personal Name
Dr. Sri Gunawan, S.P., M.P. - Personal Name
Winaldo Tjandra - Personal Name
081282629396
NONE
Text
INSIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...