Didik Surya Hadi, S.Hut, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH TOPOGRAFI TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN EFISIENSI KEGIATAN PENEBANGAN (Felling) MENGGUNAKAN CHAINSAW DI ESTATE TESO TIMUR PT. RAPP


Penebangan merupakan langkah pertama dalam proses mengkonversi pohon menjadi produk hutan yang lainnya. Hal tersebut menegaskan bahwa kegagalan dalam kegiatan penebangan mengakibatkan tersendatnya porses pemanenan hasil hutan kayu. Penebangan menjadi salah satu penentu kualitas kayu yang diproduksi. Kesalahan dalam penebangan dan kesalahan dalam pembagian batang akan sangat berpengaruh terhadap kualitas kayu yang dihasilkan. Kesalahan-kesalahan tesebut dapat mengakibatkan kerusakan pada kayu hasil tebangan bahkan dapat mengakibatkan kayu yang ditebang tidak dapat diproses lebih lanjut. Kegiatan penebangan dan pembagian batang yang efektif dan efisien diperlukan dalam pemanenan hasil hutan kayu (Herlina, 2021).
Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak kelompok (RAK) dengan percobaan faktorial. faktor yang digunakan adalah faktor tunggal yaitu kelerengan lahan yang terdiri dari 3 aras: Datar (Flat) dengan kemiringan 0-10%, Landai (Moderate) dengan kemiringan 10-25%, Curam (Steep) dengan kemiringan 25-35% .
Dengan total rata-rata produktivitas tebangan (m3/jam) pada masing-masing topografi sebagai berikut: topografi datar 12,61 m3/jam, landai 11,59nm3/jam, curam 9,58 m3/jam. Dengan total rata-rata produktivitas tebangan (m3/jam) pada masing-masing minggu sebagai berikut: minggu I sebesar 11,27 m3/jam, minggu II sebesar 11,36 m3/jam, minggu III sebesar 10,83 m3/jam, minggu IV sebesar 11,58 m3/jam.
LOADING LIST...
josuasimanullang6@gmail.com
085355555298
NONE
Text
INSTPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...