M. Darul Falah, S.Hut, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Topografi Terhadap Volume Residual Wood Di Areal Mineral Dengan Sistem Pemanenan Semi Mekanis


Pemanenan kayu adalah serangkaian kegiatan kehutanan yang mengubah pohon dan biomassa lainnya menjadi bentuk yang dapat dipindahkan ke lokasi lain sehingga bermanfaat bagi kehidupan ekonomi dan kebudayaan masyarakat. Setiap kegiatan pemanenan selalu meninggalkan kayu sisa, kayu sisa tersebutlah yang menyebabkan banyaknya kayu yang tidak dapat diolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari perbedaan topografi dengan volume kayu sisa yang ada di suatu areal pemanenan.
Penelitian ini membandingkan volume residual wood yang tertinggal di areal dengan kelas topografi yang berbeda (flat, moderate, dan steep). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan topografi (flat, moderate, dan steep) dengan uji lanjut LSD dengan parameter yang diamati adalah volume residual wood.
Hasil dari penelitian menunjukkan terdapatnya perbedaan volume residual wood yang terdapat pada masing-masing topografi, dimana hasil volume kayu yang terbesar terdapat pada areal yang memiliki topografi yang curam (steep) dengan volume rata-ratanya adalah sebesar 0,6140 m3/Ha dan volume kayu terendah terdapat pada areal yang memiliki topografi datar (flat) dengan volume rata-rata sebesar 0,4733 m3/Ha. Kesimpulan yang didapat adalah topografi berpengaruh terhadap jumlah volume kayu sisa yang ada di areal pemanenan.


LOADING LIST...
ryandanumulyo2001@gmail.com
M. Darul Falah, S.Hut, MP - Personal Name
Ir. Sushardi, S.Kh, MP - Personal Name
Veryanto Irawan Danumulyo - Personal Name
082171387843
NONE
Text
INSTIPER
2023
YOGYAKRTA
LOADING LIST...