Ir. Agus Prijono, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS VEGETASI PENYUSUN ASMIN TROPICAL RAINFOREST CONSERVATION 2, PT ASMIN BARA BRONANG KAPUAS, KALIMANTAN TENGAH


Asmin Tropical Rainforest Conservation 2 merupakan hutan alam tropika yang menjadi kawasan konservasi PT Asmin Bronang Kapuas Kalimantan Tengah. Penetapan areal yang baru dilakukan pada tahun 2018 dan belum adanya penelitian pada kawasan tersebut mengharuskan untuk dilakukan pendataan jenis penyusun kawasan. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui komposisi jenis, indeks keanekaragaman jenis, indeks kemerataan jenis, indeks kekayaan jenis, dan indeks dominansi jenis.
Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah pendataan tumbuhan pada kawasan seluas 54,6 hektar dengan intensitas sampling 1% dengan pola Uniform Systematic Distribution Sampling with Random Start. Total terdapat 14 petak ukur berbentuk Nested sample dengan peruntukan 4 tingkatan tumbuhan yaitu semai, pancang, tiang, dan pohon. Berikutnya dilakukan penghitungan komposisi jenis, penghitungan INP, indeks keanekaragaman jenis, indeks kemerataan jenis, indeks kekayaan jenis, dan indeks dominansi jenis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi jenis vegetasi didominasi oleh Shorea smithiana (Mahambung) famili Dipterocarpaceae. Shorea parvifolia (Meranti Merah), Euzyderoxylon zwageri (Ulin), Shorea smithiana (Mahambung), Mezzetia parviflora (Pisang-pisang), Syzygium spp. (Jambu-jambu), dan Memecylon sumatrense (Kamasulan) merupakan 6 spesies yang memiliki tingkat regenerasi yang paling baik, dimana terdapat pada semua tingkatan tumbuhan. INP tertinggi ialah Shorea smithiana (Mahambung) pada tingkatan semai (46,55), tiang (55,68), dan pohon (32,02). Pada tingkatan pancang, INP tertinggi ialah Baccaurea bracteata Muell (Rambai hutan) sebesar 28,76. Indeks keanekaragaman jenis tingkat semai hingga tiang termasuk sedang. Pada tingkatan pohon, Indeks keanekaragaman jenisnya tinggi (3,23). Indeks kemerataan jenis tingkat semai hingga pohon termasuk tinggi (0,82-0,92). Indeks kekayaan jenis tingkat semai hingga tiang termasuk sedang. Pada tingkatan pohon, Indeks keanekaragaman jenisnya tinggi (7,45). Indeks dominansi jenis semua tingkatan termasuk dalam kategori rendah (0,05-0,15).

LOADING LIST...
budisuwitosetyo@gmail.com
Ir. Agus Prijono, MP - Personal Name
Karti Rahayu K., S.Hut, MP - Personal Name
Suwito Setyo Budi - Personal Name
081350754717
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...