Valentinus Geovan Chandra; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH SINGLING PADA BEBERAPA UMUR TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN ACACIA CRASSICARPA DI ESTATE PELALAWAN PT RIAU ANDALAN PULP AND PAPER


Dalam pemeliharaan tanaman, untuk mendapatkan single stem maka dilakukan kegiatan singling pada tanaman yang telah berumur 3 bulan ke atas dan sudah mencapai tinggi 1,5 meter. Nutrisi yang awalnya tersebar ke seluruh bagian pohon, termasuk cabang dan ranting pohon, dengan dilakukannya singling, maka nutrisi tersebut hanya akan tersebar ke batang utama sehingga akan tampak lebih cepat pertumbuhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh umur tanaman yang disingling yaitu umur 3; 3,5 dan 4 bulan terhadap pertambahan tinggi tanaman Acacia crassicarpa dan untuk mengetahui umur tanaman yang terbaik dalam memulai kegiatan singling.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Kelompok (RALK) dengan faktor tunggal yaitu umur tanaman yang terdiri dari 3 aras yaitu umur 3; 3,5 dan 4 bulan. Parameter yang diamati adalah pertambahan tinggi tanaman per minggu setelah dilakukan singling. Hasil penelitian adalah umur tanaman yang disingling berpengaruh nyata terhadap pertambahan tinggi tanaman Acacia crassicarpa. Umur tanaman 3 dan 3,5 bulan memberikan hasil pertambahan tinggi tanaman yang lebih baik dari pada umur 4 bulan, yaitu sebesar 13,037 dan 12,290 cm. Kemudian, umur tanaman Acacia crassicarpa yang terbaik untuk dilakukan singling adalah mulai dari umur 3 bulan.
LOADING LIST...
valentinusgeovan11@gmail.com
081365914725
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...