Ir. Siman Suwadji, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Studi Perbandiangan Produktivitas dan Survival Tanaman Acacia crassicarpa Pada Kegiatan Penanaman Dengan Teknik Manual dan Teknik Alat Tanam Pada Areal Gambut


Penanaman merupakan kegiatan penting yang dilakukan dalam pembangunan hutan tanaman industri. Kegiatan penanaman dilakukan pada petak yang telah selesai dilakukan pemanenan dan petak yang sudah direncanakan. Terdapat dua metode yang dilakukan dalam kegiatan penanaman yakni secara manual dan dengan menggunakan alat tanam. Penanaman di areal gambut saat ini dilakukan dengan teknik manual dan penanaman teknik alat tanam latam masih dilakukan uji coba. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan produktivitas antara penanaman dengan teknik alat tanam latam dengan penanaman manual.
Penelitian ini dilaksanakan di Sektor Pelalawan PT RAPP. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik systematic random sampling with random start dan parameter yang diamati yaitu produktivitas, survival tanaman, dan jumlah HK/ha. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang sangat sangat signifikan dari produktivitas penanaman teknik manual yaitu sebesar 1,276 ha/hari. Hasil survival tanaman menunjukkan hasil yang tidak signifikan antara penanaman teknik alat tanam latam dengan teknik manual. Hasil HK/ha menunjukkan hasil yang sangat sangat signifikan dari penanaman teknik manual yaitu sebesar 12,54 HK/ha.
LOADING LIST...
frengkysitanggang41@gmail.com
Ir. Siman Suwadji, MP - Personal Name
Didik Surya Hadi S.Hut, MP - Personal Name
Frengky Sitanggang - Personal Name
082285851150
NONE
Text
INSTIPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...