Yuslinawari, S.Hut, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

UJI EFEKTIVITAS BERBAGAI SURFAKTAN PADA INSEKTISIDA TENCHU DALAM MENANGGULANGI HAMA THRIPS sp. PADA TANAMAN INDUK ACACIA CRASSICARPA DI RUMAH TANAMAN INDUK KERINCI CENTRAL NURSERY 1 EAST


Departemen Nursery merupakan departemen yang bertanggung jawab dalam memastikan keberhasilan tanaman Acacia crassicarpa pada tahap awal dengan cara merawat dan menjaga kualitas dan kuantitas bibit sebelum ditanam pada areal tanam. Salah satu gangguan yang mengancam kualitas dan kuantitas produksi bibit tersebut adalah adanya serangan hama Thrips sp.. Salah satu teknik pengendalian hama Thrips sp. dengan pengaplikasian insektisida dengan surfaktan yang tepat. Oleh karena itu maka perlu dilakukan pengujian berbagai surfaktan pada insektisida Tenchu 20 SG yang tepat dalam menanggulangi serangan hama Thrips sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui surfaktan yang paling tepat pada insektisida Tenchu 20 SG dalam menanggulangi serangan hama Thrips sp. yang menyerang tanaman induk Acacia crassicarpa.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) dengan uji lanjut Beda Nyata Terkecil (BNT). Adapun jumlah perlakuan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari 5 perlakuan dimana setiap perlakuan lengkap dengan 3 kali pengulangannya menggunakan 72 tanaman sampel sehingga total tanaman sampel yang digunakan sebanyak 360 tanaman. Parameter yang diamati yaitu insidensi dan severitas serangan hama Thrips sp.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya penurunan tingkat kejadian (insidensi) dan tingkat keparahan (severitas) serangan hama Thrips sp. yang paling besar yaitu pada jenis surfaktan Ronstick. Adapun tingkat kejadian (insidensi) dan tingkat keparahan (severitas) serangan hama Thrips sp. sebelum pengaplikasian yaitu sebesar 100% sedangkan setelah dilakukannya pengaplikasian, tingkat kejadian (insidensi) serangan hama Thrips sp. yaitu sebesar 66,67% dan tingkat keparahan (severitas) serangan hama Thrips sp. yaitu sebesar 38,43%.

LOADING LIST...
gerry.gs33@gmail.com
Yuslinawari, S.Hut, M.Sc - Personal Name
Ir. Agus Prijono, MP (P) - Personal Name
Gerry - Personal Name
0895417201414
NONE
Text
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...