M. Darul Falah, S.Hut., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JENIS EXCAVATOR DENGAN ATTACHMENT TREE SHEAR TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN EFISIENSI PENEBANGAN SISTEM PEMANENAN FULL MEKANIS PADA AREAL LOWLAND


Excavator digunakan dalam kegiatan pemanenan dari persiapan lahan, pemanenan hutan, dan juga pasca pemanenan. Unit tree shear yang merupakan excavator dengan attachment shear head digunakan untuk melakukan pemanenan kayu dalam penumbangan atau felling dalam sistem pemanenan full mekanis. Excavator memiliki banyak produsen seperti Komatsu, Sany, Volvo, Xuzhou Construction Machinery Group (XCMG), dan lain-lainnya yang masing-masing memiliki perbedaan sendiri yang mempengaruhi produktivitas dan efisiensi pemanenan.
Penelitian ini dilaksanakan di sektor Pelalawan PT. RAPP dengan tujuan untuk mengetahui berapa besar produktivitas (ton/jam) dan biaya produksi (rp/ton) attachment tree shear excavator Komatsu, Hitachi, dan XCMG dan mengetahui jenis mana yang lebih efisien pada areal lowland. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Parameter penelitian ini adalah produktivitas, biaya produksi, dan efisiensi excavator attachment tree shear. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan metode analisis ANOVA dan uji lanjut Duncan Multiple Range Test.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan jenis excavator tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas pemanenan pohon, namun perbedaan jenis excavator berpengaruh signifikan terhadap biaya produksi per jam. Excavator attachment tree shear XCMG adalah yang paling produktif dan efisien dibandingkan dengan excavator attachment tree shear Komatsu dan Hitachi, dengan produktivitas 21,79 ton/jam dan efisiensi 61%.
LOADING LIST...
yericko_ferdinand2@yahoo.co.id
M. Darul Falah, S.Hut., MP - Personal Name
Ir. Siman Suwadji, MP (p) - Personal Name
Yericko Ferdinand - Personal Name
087795484068
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...