Bresly Nelce Murdiyatno; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KARAKTERISTIK ES KRIM SUSU JAGUNG MANIS DENGAN PENAMBAHAN GLUKOMANAN DARI UMBI ILES-ILES


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perbandingan susu jagung dan susu skim dengan penambahan konsentrasi glukomanan terhadap karakteristik kimia, fisik dan kesukaan es krim tepung jagung manis.
Rancangan penelitian ini menggunakan metode rancangan blok lengkap yang terdiri dari dua faktor. Faktor I perbandingan susu skim dan susu jagung dengan 3 taraf yaitu M1 (1: 1), M2 (1: 2) dan M3 (0: 1). Sedangkan faktor II penambahan dengan 3 taraf yaitu N1 (0,1%), N2 (0,15%) dan N3 (0,2%). Es krim yang dihasilkan, diamati sifat fisik, kimia dan organoleptik yang meliputi kadar protein, kadar lemak, kadar gula reduksi, kadar gula total, kadar total padatan, kecepatan meleleh, overrun, dan organoleptik (aroma, tekstur dan rasa).
Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan skim dan susu jagung berpengaruh terhadap kadar protein, kadar lemak, kadar gula total, kadar gula reduksi, organoleptik (aroma, tekstur dan rasa). Namun tidak berpengaruh terhadap kecepatan meleleh, dan overrun. Variasi penambahan glukomanan berpengaruh terhadap kadar protein, kadar lemak, kadar gula total, kadar gula reduksi, kecepatan meleleh, overrun dan organoleptik (tekstur dan rasa). Namun tidak berpengaruh terhadap organoleptik (aroma). Terdapat interaksi antara perbandingan susu skim dan susu jagung dengan penambahan glukomanan terhadap kadar lemak, kadar gula total, kadar gula reduksi, organoleptik (tekstur dan rasa) dan total padatan. Namun tidak ada interaksi terhadap organoleptik (aroma), kecepatan meleleh, overrun, dan kadar protein. Berdasarkan tingkat kesukaan organoleptik tertinggi, produk es krim paling disukai terdapat pada perbandingan (1: 1) dengan penambahan glukomanan sebanyak (0,1%) dengan rerata tertinggi 5,36 (agak suka).
LOADING LIST...
breslymudiyatno03@gmail.com
Bresly Nelce Murdiyatno - Personal Name
Ir. Sunardi (P) - Personal Name
Ngatirah SP. MP - Personal Name
081344047235
NONE
Text
INSTIPER
2023
YOGYAKRTA
LOADING LIST...