Dr. Ir. Herry Wirianata, MS.(p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Strategi Pengembangan Usaha Loading Ramp Kelapa Sawit di Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat


Kelapa sawit merupakan salah satu komoditi utama perkebunan di Indonesia. Untuk mengembangkan usaha kelapa sawit harus mengoptimalkan revalitas kelapa sawit hingga mampu mencapai target. Akan tetapi terdapat beberapa permasalahan petani dalam mengelola usaha kelapa sawit hingga mempengaruhi pendapatan sehingga diperlukan alternatif penjualan yaitu dengan sistem loading ramp.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dari usaha loading ramp kelapa sawit yang dapat mempengaruhi rantai pasok penjualan TBS petani. Serta mengetahui strategi pengembangan usaha loading ramp kelapa sawit yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani sawit di Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Peneliti melakukan observasi dan survei ke lapangan untuk mengambil data dengan menggunakan kuesioner. Penelitian dilakukan selama 1 bulan yaitu November-Desember 2022.
Faktor internal (kekuatan: lokasi, daya tampung, dan harga jual sedangkan kelemahan: masalah kegiatan grading/ pensortiran dan modal usaha). Faktor eksternal (peluang: pilihan menjual hasil panen sedangkan ancaman: terkait harga). Strategi loading ramp yang digunakan dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan.
Faktor internal: (kekuatan) yaitu lokasi yang strategis, daya tampung kelapa sawit yang cukup besar, dan harga jual yang mampu bersaing. Sedangkan kelemahannya terletak pada lemahnya grading/pensortiran buah kelapa sawit serta modal usaha yang terbatas sehingga mempengaruhi usaha loading ramp. Faktor eksternal (peluang) dapat dijadikan pilihan utama petani dalam menjual hasil panen kelapa sawit, akan tetapi ancaman yang utama yaitu dari harga CPO yang fluktuatif sehingga menyebabkan ketidakstabilan harga kelapa sawit. Strategi usaha loading ramp kelapa sawit di Kecamatan Pangkalan Banteng dengan memanfaatkan kekuatan perusahaan dengan menawarkan akses lokasi yang strategis, harga jual yang mampu bersaing meningkatkan penghasilan petani, serta meningkatkan kualitas SDM.

Kata Kunci : Loading ramp, kelapa sawit

LOADING LIST...
agretratanta@gmail.com
081337683024
NONE
Text
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...