Dr. Ir. Herry Wirianata,MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGELOLAAN HAMA Oryctes rhinoceros PADA AREAL REPLANTING GENERASI KEDUA DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)


Oryctes rhinoceros merupakan hama penting tanaman kelapa sawit, yang dapat menimbulkan kerugian yang sangat serius bagi produksi kelapa sawit, sehingga perlu dilakukan pengendalian yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengendalian terpadu oryctes rhinoceros pada areal replanting generasi kedua pada tanah mineral dan tanah pasiran, mengetahui besaran biaya (cost) pengendalian O. rhinoceros pada tanah mineral dan berpasir. Penelitian dilaksanakan perusahaan Union Sampoerna Triputra Persada yang terletak di Kalimantan Tengah dengan objek penelitian di laksanakan di areal mineral dan berpasir dengan kondisi tanaman Tanaman Belum Menghasilkan (TBM-0). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji parsial (uji T). Untuk menguji bagaimana pengaruh masing-masing variabel bebas secara individu terhadap variabel terikatnya.
Pengendalian hama O. rhinoceros secara terintegrasi dengan menerapkan paket pengendalian di areal mineral dan pasiran sangat efektif untuk menekan populasi hama dan mengurangi tanaman terserang hama, dimana penggunaan jaring yang dipadukan dengan sexferomon sebagai tindakan preventif pada collection roda dan main road untuk mengendalikan imago agar tidak bertelur pada chippingan, selanjutnya tanaman penutup tanah M. bracteata yang sudah mengcover 100% permukaan tanah dapat menghalangi imago meletakkan telur dan berkembang biak. Dengan penerapan pengendalian hama O rhinoceros yang terintegrasi baik di areal mineral dan pasiran dapat menekan meminimalisir biaya pengendalian pasca terserang dimana biaya yang digunakan paket pengendalian O.rhinoceros di areal mineral dan pasiran sebesar Rp. 9.949.000,-/ha.
Kata Kunci: Oryctes rhinoceros, replanting, mineral dan pasiral

LOADING LIST...
robensihotang76@gmail.com
081253460145
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...