Dr. Ir. Agatha Ayiek Sih Sayekti, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASAR BUAH TRADISIONAL DAN PASAR BUAH MODERN (STUDI KASUS PADA PASAR BUAH GABUS DAN PASAR BUAH ABADI BUAH JAYA DI KLATEN)


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indikator-indikator yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian buah-buahan serta mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini dilakukan di pasar tradisional Gabus dan pasar modern Abadi Buah Jaya di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel non probability yaitu accidental sampling. Jumlah responden masing-masing sebanyak 15 orang pada pasar tradisional dan pasar modern. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan Cochran Q Test dan Customer Satisfaction Indeks (CSI). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 10 indikator yang dipertimbangkan konsumen. Indikator yang sama dalam pasar tradisional dan pasar modern terdapat 9 indikator yang sama yaitu : kelengkapan buah, aroma tempat, kebersihan tempat, pelayanan yang tepat, pelayanan yang cepat, inisiatif pedagang dalam melayani konsumen, kualitas buah, sikap pedagang (kesopanan dan keramahan pedagang), cara pedagang memahami keinginan dan kebutuhan konsumen. Indikator yang berbeda pada pasar tradisional yaitu tanggap terhadap pesanan, sedangkan pada pasar modern yaitu fasilitas pendukung (parkir). Tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di pasar buah tradisional sebesar 82.29%, sedangkan pada pasar modern sebesar 91.14%, menunjukkan konsumen sangat puas.

Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Importance, Satisfaction
LOADING LIST...
rismaanastasia01@gmail.com
+6283129139402
NONE
Text
INSTIPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...