Dr. Ir. Herry Wirianata,MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PREFERENSI PAKAN Sycanus dichotomus PREDATOR HAMA UPDKS MENGGUNAKAN NIMFA Macrotermes gilvus dan LARVA Hermetia illucens


Upaya peningkatan produktivitas kelapa sawit tidak terlepas dari permasalahan HPT salah satunya adanya serangan UPDKS yang dapat menimbulkan kerugian. Salah satu metode pengendalian yaitu pemanfaatan agen hayati S. dichotomus. Salahsatu kendala yaitu ketersediaan S. dicotomus dalam jumlah besar agar pengendalian hayati dapat berjalan secara kontinyu, maka pengembangan S. dichotomus dengan metode rearing merupakan alternatif. Maka dilakukan penelitian Preferensi pakan Sycanus dichotomus predator hama UPDKS menggunakan nimfa Macrotermes gilvus dan larva Hermetia illucens. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Agustus 2022 sampai dengan November 2022, di PT. USTP dengan metode deskriptif kuantitatif dengan pemeliharaan S. dichotomus menggunakan dua jenis pakan yaitu nimfa M. gilvus dan larva H. illucens dengan tiga kombinasi perlakuan dan Sembilan ulangan.
Diketahui bahwa pemberian pakan M. gilvus, H. illucens serta kombinasi keduanya pada S. dichotomus berpengaruh terhadap lama fase biologi nimfa maupun imago serta tingkat mortalitas. Karena setiap jenis pakan yang diberikan memiliki komposisi dan kisaran nutrisi serta tekstur yang berbeda. Uji preferensi S. dichotomus yang telah dilakukan menggunakan pakan M. gilvus maupun H. illucens mengindikasikan bahwa S. dichotomus lebih menyukai pakan nimfa M. gilvus dibandingkan dengan larva H. illucens karena tubuh yang dimiliki oleh nimfa M. gilvus jauh lebih lunak dibandingkan larva H illicens. Pada perlakuan kombinasi menggunakan kedua jenis pakan menyebabkan terjadi perubahan lama fase biologi dan mortalitas mengikuti jenis pakan yang diberikan, hal ini disebabkan respon fisiologi yang terjadi akibat adanya perubahan tekstur dan komposisi nutrisi dari pakan yang diberikan, sehingga S.dichtomus akan melakukan adaptasi sesuai respon fisiologi yang terjadi.

LOADING LIST...
salahuddinadikelana@gmail.com
081236127150
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
YOGYAKATA
LOADING LIST...