Mulya Ramdhani; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KARAKTERISTIK GULA CAIR DARI NIRA KELAPA DENGAN PENAMBAHAN ANTIOKSIDAN DARI BUBUK KULIT SECANG DAN KULIT MANGGIS PADA BERBAGAI KONSENTRASI


Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan Gula cair dari Nira Kelapa dengan penambahan antioksidan dari bubuk kulit secang dan kulit manggis pada berbagai konsentrasi dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan bubuk kulit secang dan kulit manggis dengan nira kelapa terhadap sifat fisik, sifat kimia, dan organoleptik yang dihasilkan sehingga disukai oleh konsumen.
Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Blok Lengkap (RBL) yang terdiri dari dua (2) faktor. Faktor pertama adalah perbandingan Laru bubuk kulit manggis dengan Kapur (A) dengan tiga (3) taraf, yaitu: (A1) 5% (A2) 7,5%; (A3) 10%. Faktor kedua adalah jenis Antioksidan (B) dengan tiga (3) taraf, yaitu: (B1) 5% (B2) 7,5% (B3) 10%.
Konsentrasi Laru Manggis berpengaruh nyata terhadap kadar antioksidan dan Gula Reduksi, namun tidak berpengaruh nyata terhadap kadar air dan pH. Untuk uji organoleptik dari konsentrasi Laru manggis terhadap uji warna, aroma dan rasa tidak berpengaruh nyata.
Konsentrasi Bubuk Kulit Secang berpengaruh nyata terhadap Antioksidan dan Gula Reduksi, namun tidak berpengaruh nyata terhadap kadar air dan pH. Untuk uji organoleptik dari konsentrasi Bubuk Kulit Secang terhadap uji warna, aroma dan rasa tidak berpengaruh nyata.
Berdasarkan hasil uji organoleptik pada aroma, warna, dan rasa pada gula cair dengan penambahan bubuk kulit manggis dan bubuk secang yang disukai oleh panelis yaitu pada perlakuan A2B3 dengan penambahan bubuk manggis sebesar 7,5% dan penambahan bubuk secang sebanyak 10%.
LOADING LIST...
m.ramdhani0301@gmail.com
Mulya Ramdhani - Personal Name
Ir. Sunardi, M.Si(p) - Personal Name
Ir. Erista Adi Setya, M.M - Personal Name
081542233006
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...