Bobiatta Ginting; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FORMULASI BODY SCRUB DARI AMPAS KOPI


Body scrub adalah sebuah perawatan tubuh yang disebut juga sebagai facial untuk tubuh. Body scrub menghidrasi kulit, membuat kulit tampak sehat dan terasa lembut. Penelitian ini tentang Body scrub dari ampas kopi bertujuan untuk mengetahui pengaruh ampas kopi terhadap karakteristik Body scrub yang dihasilkan dan untuk menentukan jumlah ampas kopi yang tepat untuk menghasilkan Body scrub yang disukai oleh panelis. Penelitian dilakukan dengan Rancangan Acak Sempurna (RAS) dengan satu perlakuan yaitu konsentrasi penambahan ampas kopi dengan 5 taraf faktor antara lain A1
= 0%, A2 = 2%, A3 = 4%, A4= 6%, A5= 8%. Analisis yang dilakukan meliputi Uji Viskositas, Uji pH, Uji daya sebar, Uji Aktivitas Antioksidan , Organoleptik (warna, tekstur, aroma).
Hasil penelelitian menunjukan konsentrasi ampas kopi berpengaruh terhadap viskositas, pH, dan aktivitas antioksidan, namun tidak berpengaruh terhadap daya sebar, organoleptic, aroma tekstur, dan warna..Body scrub yang paling disukai oleh panelis adalah sampel A4 yaitu Body scrub dengan penambahan ampas kopi sebesar 6% dengan rata-rata skor 3,75, memiliki nilai viskositas 58110 Cps ,antioksidan 25,34 dan Ph 7,2.

LOADING LIST...
bobiginting943@gmail.com
Bobiatta Ginting - Personal Name
Herawati Oktavianty, ST. MT (P) - Personal Name
Ngatirah, S.P.,M.P. - Personal Name
082311436002
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
YOGYKARTA
LOADING LIST...