Ir. Erista Adisetya, MM; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN SARIBUAH CAMPURAN PARIJOTO “Medinilla magnifica” DENGAN SARI BUAH MARKISA “Passiflora ligularis” SEBAGAI PERASA ALAMI


PEMBUATAN SARIBUAH CAMPURAN PARIJOTO “Medinilla magnifica” DENGAN SARI BUAH MARKISA “Passiflora ligularis” SEBAGAI PERASA ALAMI

Norbertus S Halawa, Reza Widyasaputra, S.TP., M.Si, Ir. Adistya, MM
Program Studi, Teknologi Hasil Pertanian, INSTIPER Yogyakarta
Email Korespondensi:sopranhalaw@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pencampuran sari parijoto dan markisa terhadap rasa, Untuk menghasilkan pencampuran sari parijoto dan markisa, yang memiliki tingkat oragoleptik, yang diisukai panelis atau konsumen dan Untuk mengetahui pengaruh konsentrasi gula terhadap karakteristik fisik, kimia dan organoleptik.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Block Lengkap (RBL) dengan dua factor.Faktor pertama adalah perbandingan parijoto dan markisa (A) dengan tiga taraf yaitu (A1=1:2) (A2=1:1), (A3=1:2) Faktor kedua penambahan gula B1 = 5%, B2 = 10 %, B3 = 15%, Percobaan dilakukan dengan mengkombinasikan 2 faktor tersebut sehingga diperoleh 3x3x2 ulangan = 18 satuan eksperimental. Data yang diperoleh akan dianalisa secara statistik untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara perlakuan dengan menggunakan uji ANOVA (Analysis of Varians). Apabila terdapat perbedaan nyata atau tidaknya maka dilanjutkan dengan Uji Berjarak Duncan (DMRT). Analisis yang digunakan dalam Formulasi sari buah Parijoto penambah sarimarkisa sebagai perasa alami Analisis Kimia, Organoleptik, Padatan Terlarut, Total Asam, Kadar Gula Total, Antioksidan. Uji Organoleptik yang meliputi: Warna, aroma, dan Rasa.
Dari data hasil dan pembahasan yang didapatkan dalam penelitian ini, dapat ditarik beberapa kesimpulan, Pengaruh perbandingan sari buah parijoto dengan sari buah markisa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan memiliki antioksidan yang tinggi yitu 93,59%. Sampel yang paling disukai panelis yaitu sampel A3 yaitu perbandingan Sirup parijoto dan sari buah markisa sebesar 1:2 dan sampel B3 yaitu penambahan gula sebesar 15% (b/v).

LOADING LIST...
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...