Arlinus Zai; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MINUMAN FUNGSIONAL KULIT KOPI ARABICA (CASCARA) DENGAN PENAMBAHAN BUBUK KAYU MANIS (CINNAMOMUM BURMANII)


Penelitian ini tentang minuman funsgsional yang berbahan dasar cascara dengan penambahan bubuk kayu manis. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perbandingan kulit buah kopi dengan air serta pengaruh penambahan bubuk kayu manis terhadap sifat fisik dan kimia.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Blok Lengkap (RBL) 2 faktor yaitu variasi perbandingan cascara dan Air. Faktor A yaitu variasi cascara dengan 3 taraf yaitu A1 = 200 g, A2 = 300 g, A3 = 400 g dan faktor B yaitu penambahan kayu manis dengan 3 taraf yaitu B1 = 2%, B2 = 4%, B3 = 8%. Analisis yang dilakukan adalah aktivitas antioksidan, phenol, pH, total padatan terlarut, total dan uji organoleptik.
Hasil penelitian ini menunjukan variasi air dengan teh cascara berpengaruh nyata terhadap uji ntioksidan, pH , total padatan terlarut, ,uji kesukaan warna dan rasa, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap uji total asam, fenol dan uji kesukaan aroma, untuk Penambahan kayu manis berpengaruh nyata terhadap uji fenol, pH, dan uji total padatan terlarut , tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap aktivitas antioksidan ,total asam, dan uji kesukaan aroma. Berdasarkan uji kesukaan organoleptik, perlakuan yang paling di sukai penelis adalah perlakuan cascara A3 dengan penambahan bubuk kayu manis 8%, dengan nilai keseluruhan 5,35 (Agak suka).

LOADING LIST...
arlinuszaii00@gmail.com
082243597294
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...