Betti Yuniasih, S,Si M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH APLIKASI VERMIKOMPOS DAN VOLUME PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh vermikompos dan volume penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery, yang telah dilaksanakan di Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah pada bulan Februari – Mei 2022.
Penelitian menggunakan metode percobaan rancangan acak lengkap (RAL). Faktor pertama adalah pemberian vermikompos yang terdiri dari 4 aras yaitu, kontrol (tanpa vermikompos), vermikompos dosis 80 g, vermikompos dosis 160 g, vermikompos dosis 240 g. Faktor kedua adalah volume penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu, volume penyiraman 75 ml/hari, volume penyiraman 150 ml/hari, volume penyiraman 225 ml/hari. Dari dua perlakuan tersebut diperoleh 4 x 3 = 12 kombinasi perlakuan. Setiap perlakuan dilakukan 4 ulangan, sehingga jumlah seluruh tanaman 12 x 4 = 48 tanaman. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang 5%.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian vermikompos dan volume penyiraman pada bibit kelapa sawit di pre nursery tidak terjadi interaksi nyata pada kombinasi vermikompos dan volume penyiraman. Pemberian vermikompos dengan dosis 80 g dan volume penyiraman 150 ml sudah mencukupi pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata kunci : volume penyiraman, vermikompos, kelapa sawit, pre nursery

LOADING LIST...
devanogi22@gmail.com
082252917978
NONE
Text
INSTIPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...