Ir. Sunardi, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI KARAKTERISTIK ANTIOKSIDAN MINUMAN FUNGSIONAL EKSTRAK DAUN KARET KEBO (Ficus elastica) DAN EKSTRAK SERAI(Cymbopogon citratus)


STUDI KARAKTERISTIK ANTIOKSIDAN MINUMAN FUNGSIONAL EKSTRAK DAUN KARET KEBO (Ficus elastica) DAN EKSTRAK SERAI (Cymbopogon citratus)

Adinda Salsabilla Darmawan 1), Herawati Oktavianty,ST., MT2), Ir. Sunardi, M.Si 2)
1)Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta
2)Dosen Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta
Email : 1)adindasalsabilla10@gmail.com , 2) thp_instiper_jogja@yahoo.co.id

ABSTRAK
Tanaman karet kebo (Ficus elastica L.) adalah tanaman hias yang jarang dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik antioksidan minuman fungsional ekstrak daun karet kebo dan ekstrak serai. Pembuatan ekstrak dilakukan dengan metode maserasi selama 72 jam dilanjutkan dengan pemekatan ekstrak dengan Rotary Vacuum Evaporator. Pelarut yang digunakan pada ekstraksi karet kebo adalah etanol food grade 70%, sedangkan pada serai adalah etanol food grade 80% yang memiliki perbandingan 1:10 w/v. Rancangan percobaan menggunakan metode RBL (Rancangan Blok Lengkap) dengan 2 faktor yaitu rasio ekstrak daun karet kebo : ekstrak serai dan rasio larutan stevia : larutan gula memiliki 2 pengulangan. Parameter uji yang digunakan adalah aktivitas antioksidan, tanin, flavonoid, gula reduksi, gula total, padatan terlarut, dan uji organoleptik hedonik. Pada analisis aktivitas antioksidan sampel terbaik pada H1T3 dengan nilai IC50 12,41 ppm. Analisis flavonoid memiliki sampel terbaik pada formulasi H1T3 dengan kadar 10,99 mg/100g. Analisis tanin memiliki sampel terbaik pada H3T2 dengan kadar 4,56 mgTAE/g. Pada uji padatan terlarut memiliki sampel terbaik pada H1T1 sebanyak 157 mg/L. Berdasarkan uji organoleptik hedonik rasa, aroma, dan warna formulasi terbaik adalah H1T2. Dari hasil parameter dapat disimpulkan bahwa minuman fungsional ekstrak daun karet kebo dan ekstrak serai berpotensi mengandung karakteristik antioksidan yang baik untuk tubuh.
Kata kunci : karakteristik, antioksidan, ekstraksi cair, etanol, maserasi

LOADING LIST...
adindasalsabilla10@gmaiil.com
081392802339
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...