ISTITI PURWANDARI, S.P., M.P.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

POLA PEMBERDAYAAN DESA SEJAHTERA ASTRA (DSA) PADA PETANI KOPI ROBUSTA DI DESA MUNCAR KECAMATAN GEMAWANG KABUPATEN TEMANGGUNG


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pola pemberdayaan DSA dalam pemberian pelatihan, pemberian Sarana dan Prasana, dan pemasaran produk kopi di Desa Muncar Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Muncar Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung , Indonesia pada 01 juli 2022 –31 juli 2022. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Metode sensus atau sampling total adalah teknik pengambilan sampel dimana seluruh anggota pupulasi dijadikan sampel. Responden pada penelitian ini sebanyak 23 responden.
Hasil penelitian ini yaitu pola pemberdayaan yang dilakukan oleh DSA kepada petani kopi Desa Muncar dalam pemberian pelatihan adalah pelatihan dalam menggunakan alat pengolah hasil pasca panen dan pelatihan pengemasan produk kopi, pola pemberdayaan DSA dalam pemberian Sarana dan Prasarana berupa alat pengolah hasil pasca panen seperti : mesin pengelupas kulit kopi, mesin grinding, mesin roasting, mesin seller. Pemberian prasarana oleh DSA yaitu berupa Unit Pengolah hasil (UPH) dan tempat pemasaran produk kopi. pemasaran produk kopi dipasarkan dengan memanfaatkan Desa Wisata.

LOADING LIST...
tryfebyw@gmail.com
081992941909
NONE
Text
INSTPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...