Ir. H. Sugeng Wahyudiono, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

IDENTIFIKASI HAMA PENGGANGGU TANAMAN JABON PUTIH (Neolamarckia cadamba) DI KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA


INTISARI
Tanaman jabon (Anthocephalus cadamba Miq) merupakan salah satu jenis tumbuhan yang banyak dimanfaatkan oleh industri terutama sebagai bahan dasar plywood. Tanaman jabon termasuk jenis tanaman dengan pertumbuhan yang cepat (fast growing species) yang banyak ditanami di Indonesia seperti di daerah Jawa. Tanaman jabon dapat tumbuh di ketinggian 0-1000 mdpl di tempat-tempat terbuka. Dibalik banyak manfaatnya tentu tanaman ini tidak luput dari serangan hama yang mengganggu. Oleh karena itu diperlukan pengamatan langsung di lapangan untuk mengetahui frekuensi dan intesitas serangan hama dan jenis hama apa saja yang mendominasi pada tanaman jabon.
Metode yang digunakan dalam penelitian bersifat deskriptif eksploratif dengan cara pengamatan langsung di lapangan untuk mengumpulkan data terkait serangan hama-hama pada tegakan jabon (Anthocephalus cadamba Miq). Dalam pelaksanaan kegiatan pengamatannya di lapangan dilakukan untuk mengetahui jenis-jenis hama dan gejala yang ditimbulkan pada tegakan jabon (Anthocephalus cadamba Miq) yang diamati. Pengambilan data di lapangan bertujuan untuk mengetahui kriteria atau kondisi tegakan dan skor serangan sebagai tujuan untuk dapat menentukan frekuensi serangan hama, intensitas serangan hama dan tingkat kerusakan yang disebabkan oleh serangan hama pada tegakan jabon.
Penelitian ini dilakukan di daerah Sleman, Yogyakarta dengan 3 lokasi yang berbeda yaitu di Desa Maguwoharjo dengan ketinggian 107m dpl, Desa Wonokerto dengan ketinggian 498m dpl dan Desa Hargobinangun dengan ketinggian 912m dpl. Setelah dilakukan penelitian di lapangan diperoleh hasil dengan tingkat serangan yang berbeda-beda. Tingkat serangan terendah terjadi pada dua lokasi yaitu Wonokerto dengan frekuensi serangan 24,36% dan Hargobinangun dengan frekuensi serangan sebesar 22, 41%. Kemudian untuk tingkat serangan tertinggi terjadi pada lokasi Maguwoharjo dengan frekuensi serangan sebesar 24,58%. Untuk jenis hama yang mendominasi dari ketiga lokasi yaitu ulat daun (Spodoptera litura), Belalang (Valanga nigricornis) dan rayap tanah (Coptotermes curvignathus).
Kata kunci: Identifikasi, hama, jabon

LOADING LIST...
purwanto.adi19183@gmail.com
Ir. H. Sugeng Wahyudiono, MP. - Personal Name
PURWANTO - Personal Name
Ir. Agus Prijono, MP. (P) - Personal Name
081214244529
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...