Ngatirah, SP. MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FORMULASI NON DAIRY CREAMER DENGAN VARIASI PERBANDINGAN PKO DAN SIRUP GLUKOSA SERTA JENIS EMULSIFIER


Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan Non Dairy Creamer dengan variasi perbandingan PKO dan Sirup Glukosa dengan jenis emulsifier dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan PKO dan Sirup Glukosa serta jenis emulsifier terhadap sifat fisik, sifat kimia, dan organoleptik dari Non Dairy Creamer yang dihasilkan, sehingga disukai oleh konsumen.
Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua (2) faktor. Faktor pertama adalah perbandingan PKO dan Sirup Glukosa (A) dengan tiga (3) taraf, yaitu: (A1) 25%:25%; (A2) 30%:20%; (A3) 40%:10%. Faktor kedua adalah jenis emulsifier (B) dengan tiga (3) taraf, yaitu: (B1) 1% MDAG; (B2) 1% Lesitin; (B3) Campuran MDAG : lesitin 0,5 : 0,5%.
Perbandingan PKO dan Sirup Glukosa berpengaruh nyata terhadap viskositas, brix, asam lemak bebas, kadar lemak dan uji kesukaan warna kopi dengan penambahan non dairy creamer. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap warna L, a, b non dairy creamer, whitening effect, pH non dairy creamer, pH kopi dengan penambahan non dairy creamer, kestabilan emulsi, uji kesukaan aroma non dairy creamer, warna non dairy creamer, rasa non dairy creamer, kenampakan, uji aroma kopi dengan penambahan non dairy creamer, rasa kopi dengan penambahan non dairy creamer. kestabilan kopi dengan penambahan non dairy creamer dan feathering effect.
Jenis emulsifier berpengaruh nyata terhadap viskositas, brix, asam lemak bebas, kadar lemak dan uji kesukaan warna kopi dengan penambahan non dairy creamer. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap warna L, a, b non dairy creamer, whitening effect, pH non dairy creamer, pH kopi dengan penambahan non dairy creamer, kestabilan emulsi, uji kesukaan aroma non dairy creamer, warna non dairy creamer, rasa non dairy creamer, kenampakan, uji aroma kopi dengan penambahan non dairy creamer, rasa kopi dengan penambahan non dairy creamer. kestabilan kopi dengan penambahan non dairy creamer dan feathering effect.
Berdasarkan uji kesukaan organoleptik secara keseluruhan non dairy creamer yang paling disukai dibuat dengan perbandingan PKO dan sirup glukosa 30 : 20 (% b/v) dan jenis emulsifier yang digunakan MDAG 1%.

LOADING LIST...
ericknian26@gmail.com
Ngatirah, SP. MP (P) - Personal Name
Reza Widyasaputra S.TP M.Si - Personal Name
Erick Sihombing - Personal Name
081328632947
NONE
Text
INSIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...