RATNO; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN MINYAK SAWIT MERAH (RPO) UNTUK PEMBUATAN DONAY KAYA BETAKAROTEN DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG TALAS YANG KAYA AKANA SERAT


Donat merupakan jenis kue yang memiliki bentuk yang tidak asing lagi yaitu dengan bentuk memiliki lubang ditengahnya menyerupai cincin dan bentuknya bulat, tujuannya untuk membantu penyebaran panas ketika digoreng. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh substitusi tepung terigu dengan tepung talas dan substitusi margarin dengan RPO (minyak sawit merah) terhadap karakteristik pada donat.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu substitusi tepung terigu dengan tepung talas yang terdiri dari 3 taraf yaitu A1 = 10%, A2 = 20%, A3 = 30%. Faktor kedua yaitu substitusi margarin dengan RPO terdiri dari 3 faktor yaitu B1 = 20%, B2 = 50%, B3 = 80%.
Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa substitusi tepung terigu dengan tepung talas berpengaruh terhadap kadar abu, kadar lemak, kadar beta karoten, serat kasar, Warna (L*), Daya pengembang, fisik tektur, dan uji kesukaan organoleptik aroma, tekstur dan rasa akan tetapi tidak berpengaruh terhadap Warna (a) serta (b) dan uji kesukaan warna. Sedangkan pada substitusi margarin dengan RPO berpengaruh terhadap kadar lemak, kadar betakaroten, daya pengembang, tekstur fisik, dan uji kesukaan organoleptik terhadap aroma, tekstur dan rasa akan tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar abu, serat kasar, warna (L,a,b) dan uji kesukaan warna. Pada uji organoleptik keseluruhan, dapat diketahui bahwa produk donat memiliki tingkat kesukaan tertinggi pada perbandingan 10% subtitusi tepung terigu dengan tepung talas dan 20%. subtitusi margarin dengan RPO dengan hasil kesukaan 5,60% (sangat suka) yang memiliki kadar beta karoten 167,32 ppm, dan kadar serat 4,06%. Nilai rerata keseluruhan analisis kimia tertinggi yaitu pada substitusi tepung talas sebanyak 20% dan substisuti RPO sebanyak 80% dengan hasil 60,10% dan nilai rerata keseluruhan pada analisis fisik diperoleh nilai tertinggi pada substitusi tepung talas 10% dan substitusi RPO sebanyak 20% dengan hasil 103,25%.

Kata kunci: Donat, minyak sawit merah, beta karoten, serat kasar.
LOADING LIST...
ratnosantoso333@gmail.com
RATNO - Personal Name
Ir. Sunardi, M.Si - Personal Name
Dr. Ir. Adi Ruswanto, M.P., IPM (P) - Personal Name
082281862667
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...