Tommy Nursamsu Mardisusanto; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN) KAKAO RAKYAT UNTUK PENCAPAIAN TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI KAPANEWON PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL


ABSTRAK
Penelitian ini terkait analisis Rantai nilai (Value Chain) kakao rakyat untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Kapanewon Patuk kabupaten Gunungkidul.
Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan gambaran umum kakao rakyat dan menganalisis permasalahan yang terjadi pada setiap rantai nilai dan menjadi baseline atau dasar bagi rencana tindak lanjut untuk pemecahan permasalahan rantai nilai usaha kakao rakyat ke depan dan pengembangan iklim usaha kakao rakyat di Kapanewon Patuk Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan juga menganalisis kontribusi usaha kakao rakyat di kapanewon Patuk bagi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Kabupaten Gunungkidul.
Penelitian ini menggunakan metode dasar penelitian deskriptif dan analisis dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa kakao rakyat di kapanewon Patuk kabupaten Gunungkidul memiliki nilai usaha yang menjanjikan dengan nilai RC ratio 1,63 (>1). Dalam mata rantai keberadaan pengepul baik ditingkat kelurahan maupun kapanewon sangat besar terhadap rantai budidaya maupun pemasaran kakao rakyat di kapanewon Patuk. Sehingga perlu lembaga yang kuat untuk melindungi petani dari pengaruh pengepul.
Untuk bisa mendapatkan nilai tambah bagi petani kakao di kapanewon Patuk kabupaten Gunungkidul, petani harus bergabung dengan jumlah minimal tanaman kakaonya ada di angka 200 – 300 tanaman. Dan produk yang diperjual belikan minimal di produk biji kakao yang sudah difermentasi. Jika petani ada di kisaran seperti tersebut maka pendapatan petani per bulan berkisar di 2 juta sampai 4 juta perbulan bahkan bisa lebih. Adanya kegiatan kakao rakyat ini sangat besar pengaruhnya pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan baik dari aspek sosial, ekonomi dan lingkungan.
Kata Kunci : Rantai nilai (Value Chain), Petani dan pemerintah kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yoyakarta.

LOADING LIST...
tominursamsu@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2022
YOGYAKRTA
LOADING LIST...