Mohammad Prasanto Bimantio, S.T., M.Eng.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

SIFAT MINYAK SAWIT PADA VARIASI SUHU DAN WAKTU PEMURNIAN


Dalam pengolahan di pabrik kelapa sawit, mutu dari CPO (Crude Plam Oil) merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, bukan hanya sebagai kualitas minyak mentah tapi juga sebagai patokan untuk pengolahan selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pemberian suhu dan waktu yang berbeda pada stasiun pemurnian (klarifikasi) yang baik pada CPO.
Rancangan penelitian yang digunkanan adalah rancangan petak terbagi (RPT) dua faktor. Faktor pertama yaitu pemanasan CPO suhu S1 = 57oC dan suhu S2 = 67oC dan faktor keduanya adalah waktu retensi disaat pemanasan yaitu T1 = 1 jam 30 menit, T2 = 3 jam, T3 = 4 jam 30 menit, dan T4 = 6 jam. Parameter yang di amati yaitu, Asam Lemak Bebas (ALB), Kadar Kotoran, Kadar Karoten, DOBI (Deterioration of Bleach Index), dan Analisis Minyak Terpisah.
Hasil dari penelitian menunjukan sifat minyak sawit pada variasi suhu dan waktu pemurnian CPO dengan faktor suhu (S) tidak adanya berpengaruh nyata pada analisis asam lemak bebas, kadar kotoran, kadar karoten, DOBI, dan minyak terpisah, sedangkan pada faktor waktu (T) pemberian suhu adanya berpengaruh nyata pada analisis asam lemak bebas, DOBI dan minyak terpisah. Pada pengaruh variasi suhu (S) dan waktu (T) adanya berpengaruh nyata hanya pada analisis asam lemak bebas. Berdasarkan parameter yang telah di analisis, variasi suhu dan waktu pemurnian yang terbaik pada asam lemak bebas di perlakuan S1T1 dengan rata – rata 8,5363%, kadar kotoran di perlakuan S1T3 dengan rata – rata 0,4220%, kadar karoten di perlakuan S1T2 dengan rata – rata 567,5467 ppm, nilai DOBI di perlakuan S1T1 dengan rata – rata 3,1004 mutu baik, dan analisis minyak terpisah di perlakuan S2T4 dengan rata – rata 34,0909%.

LOADING LIST...
wahyuedun99@gmail.com
082148383579
NONE
Text
INSTIPER
2022
Yogyajarta
LOADING LIST...