Dr. Ir. Danang Manumono, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Identifikasi Konflik Industrial Karyawan Afdeling Perusahaan Kelapa Sawit (Studi Kasus PT Perkebunan Nusantara II Estate Tanjung Garbus, Kabupaten Deli Serdang, SUMATERA UTARA)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konflik Industrial yang terjadi antara perusahaan Perkebunan Nusantara II Esatate Tanjung Garbus Kab. Deli Serdang terhadap karyawan dan cara Manejemen Konflik Industrial yang dilakukan perusahaan dalam penanganan konflik yang terjadi anatara tenaga kerja dengan karyawan. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Perkebunan Nusantara II. Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling). Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 maret 2022 – 28 april 2022. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan mengambil sampel dengan situasi tertentu (Accident Sampling). Responden pada penelitian ini sebanyak 40 responden. Seluruh responden dimintai keterangan ketika mengalami konflik industrial.
Hasil penelitian ini dapat di identifikasi Konflik Industrial yang terjadi di Perusahaan Perkebunan Nusantara II Estate Tanjung Garbus Kab. Deli Serdang cotohnya (1) Keterlambatan Pembayaran Upah, (2) Ketidaksesuaian Jam Kerja, (3) Tidak Menerima Bonus , (4) Mangkir, (5) Tidak Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) (6) Terlambat Dalam Hadir Bekerja, (7) Kurangnya Transparansi Pengangkatan Tenaga Kerja Tidak Tetap ke Tetap. Perusahaan manajemen konflik yang tidak merugikan kedua belah pihak. Manajemen konflik yang diterapkan perusahaan dapat berupa Mediasi, Pemberian Surat Peringatan (SP), dan Pemotongan Upah.
Kata Kunci : Konflik Industrial, manajemen Konflik


LOADING LIST...
haryorahmadyan1105@gmail.com
082160566681
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...