Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGUJIAN EFISIENSI IRIGASI TETES PADA TANAMAN SEMANGA (CITRULLUS LANATUS) DI KALURAHAN UMBULREJO, PONJONG, GUNUNG KIDUL


Pada penelitian ini membahas mengenai pengujian efisiensi irigasi tetes pada tanaman semangka (citrullus lanatus) di Kalurahan Umbulrejo, Ponjong, Gunung Kidul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui besarnya debit yang disalurkan pada saluran irigasi tetes dan untuk mengetahui efisiensi penyaluran air di saluran irigasi tetes pada tanaman semangka di desa Ponjong, Umbulrejo, Gunung Kidul, Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan data primer dengan analisis yang digunakan yaitu menghitung debit pengisian air pompa dan debit pengairan irigasi tetes yang mana perhitungan tersebut dilakukan di lahan semangka. Penelitian ini juga menggunakan analisis kadar lengas maksimum, tekstur, kadar air, kapasitas lapang, dan titik layu yang mana analisis tersebut dilakukan di laboratorium.
Hasil penelitian menunjukkan debit yang dapat dialirkan pada irigasi tetes yaitu dengan debit tetesan tertinggi terdapat pada pipa satu di emitter ke 5 sebesar 67,9 ml/menit, dan tetesan emitter terendah terdapat pada pipa empat di emitter ke 2 yaitu sebesar 60 ml/menit. Efisiensi irigasi tetes meliputi dua hal yaitu efisensi irigasi penyaluran dan efisiensi penyimpanan. Adapun Persentasi efisiensi penyaluran tertinggi terdapat pada pipa satu di emitter 5 yaitu sebesar 74% dan persentasi efisiensi penyaluran terkecil terdapat pada pipa empat di emitter 2 yaitu sebesar 65,3%. Adapun efisiensi penyimpanan tertinggi terdapat pada pipa satu yaitu 59,6% dan persentase efisiensi penyimpan terendah terdapat pada pipa empat yaitu 33,9%.
Kata kunci : Efisiensi irigasi tetes, kebutuhan air tanaman, sifat fisik tanah

LOADING LIST...
meyliana.siahaan5@gmail.com
081391742914
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
Yogyarta
LOADING LIST...