Ir. Sugeng Wahyudiono, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Strategi Pengelolaan Wisata Alam Taman Hutan Raya K.G.P.A.A Mangkunagoro I, Jawa Tengah


Indonesia sendiri mempunyai banyak potensi sumber daya hutan yang dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata alam. Dalam pengembangan hutan sebagai kawasan wisata alam perlu merencanakan sistem pengelolaan yang baik untuk menjaga dan melestarikan alam serta mengurangi segala macam gangguan dan ancaman yang dapat merusak atau merugikan keberadaannya.
Sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui potensi wisata alam, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pengelolaan wisata alam, serta strategi pengelolaan wisata alam TAHURA Mangkunagoro I. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2022 di Taman Hutan Raya K.G.P.A.A Mangkunagoroo I dengan menggunakan metode dekriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Untuk merumuskan strategi pengelolaan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats).
Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa; taman Hutan Raya K.G.P.A.A Mangkunagoro I memiliki potensi wisata alam yang potensial, faktor penghambat dan faktor pendukung perlu diperhatikan untuk mendapatkan strategi yang baik dalam pengelolaan wisata alam, serta meningkatkan sarana publik, komunikasi, akses informasi, pengendalian aktivitas dan keselamatan pangunjung serta mengembangkan sarana pendidikan konservasi dan pelestarian budaya, integrasi dengan obyek wisata di sekitar kawasan dan juga kerjasama pemanfaatan dengan pihak lain.
Kata kunci: Potensi, strategi pengelolaan, wisata alam, TAHURA, SWOT.
LOADING LIST...
aajibataalam@gamil.com
087738920202
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...