Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

REPON PETANI TERHADAP PELELANGAN CABAI DI DESA WIDODOMARTANI KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN SLEMAN


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon petani terhadap pelelangan cabai di desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Lelang di desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan pada bulan April 2022 – Mei 2022.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini yaitu petani cabai peserta lelang di desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman berjumlah 45 orang yang diambil berdasarkan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon petani kepada pelelangan cabai pada pemahaman petani terhadap pelelangan cabai di desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman mayoritas berada pada kategori sangat baik yang artinya tidak ada petani yang tidak memahami sistem yang ada di pasar lelang cabai. Selanjutnya respon petani kepada pelelangan cabai pada sikap petani terhadap pelelangan cabai di desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman berada pada kategori sangat baik yang artinya bahwa seluruh petani merasa puas dan senang dengan adanya pelelangan cabai, dan senang ikut serta di pelelangan cabai. Untuk Respon petani kepada pelelangan cabai pada perilaku petani terhadap pelelangan cabai di desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman mayoritas berada pada kategori baik yang artinya petani dengan sukarela ingin mengikuti proses pelelangan.

Kata kunci: respon petani, pelelangan cabai, desa Widodomartani


LOADING LIST...
shaifulyusup@gmail.com
081227915995
NONE
Text
INSTIPER
2022
YOGYAKARTAA
LOADING LIST...