Ngatirah, SP. MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FORMULASI SOYGHURT DENGAN PENAMBAHAN SARI JAGUNG MANIS (Zea Mays Saccharata) DAN MADU


Telah dilakukan penelitian Formulasi Soyghurt Dengan Penambahan Sari Jagung Manis (Zea Mays Saccharata) Dan Madu yang bertujuan untuk mempelajari pengaruh penambahan jagung manis dan madu terhadap karakteristik, sifat fisik, kimia dan organoleptik soyghurt dan Berapa konsentrasi penambahan sari jagung manis dan madu terhadap soyghurt yang di sukai panelis.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan blok lengkap dua faktor. faktor pertama yaitu penambahan konsentrasi sari jagung manis (A) terdiri dari 3 taraf yaitu A1 = 20%, A2 = 30%, A3 = 40 % dan faktor kedua yaitu penambahan konsentrasi madu (B) terdiri dari 3 taraf yaitu B1 = 4,5%, B2 = 5%, B3 = 8%. Analisis yang dilakukan yaitu dan Organoleptik (Warna, Aroma, Rasa).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan sari jagung manis berpengaruh nyata terhadap viskositas, dan uji Ph. Tetapi tidak berpengaruh terhadap protein, lemak, gula reduksi, total asam, bakteri asam laktat, total solid dan uji organoleptik (warna, aroma, rasa). Penambahan konsentrasi madu berpengaruh terhadap uji Ph, viskositas, total solid dan uji organoleptik (warna). Tetapi tidak berpengaruh terhadap protein, lemak, gula reduksi, total asam, bakteri asam laktat, dan uji organoleptik (aroma, rasa). Sedangkan penambahan sari jagung manis dan madu berpengaruh nyata terhadap protein, uji Ph, viskositasd dan organoleptik (aroma). Tetapi tidak berpengaruh terhadap lemak, gula reduksi,bakteri asam laktat, total solid, dan organoleptik (warna, rasa). Berdasarkan uji kesukaan organoleptik, perlakuan yang paling disukai oleh panelis yaitu A3B1 (A3, Penambahan Sari Jagung Manis 30% dan B1, Madu 4,5%).

Kata kunci : soyghurt, Sari jagung manis, madu.

LOADING LIST...
dwikifitriansyah1@gmail.com
Ngatirah, SP. MP (P) - Personal Name
Ir. Erista Adisetya, M.M - Personal Name
Muhammad Dwiki Fitriansyah - Personal Name
089674535588
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...