Resna Trimerani, S.Pi., M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENERAPAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK HIDROPONIK DI KEBUN HIDROPONIK “FARM PAK D’ YANTO”


Penelitian bertujuan (1) Untuk mengetahui bauran pemasaran apa sajakah yang digunakan kebun hidroponik Farm Pak D’ Yanto dalam meningkatkan penjualannya. Penelitian dilakukan di Farm Pak D’ Yanto, (2) Untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk. Metode dasar penelitian yang digunakan metode deskriptif. Penentuan lokasi menggunakan metode purposive. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 konsumen. Metode pengukuran menggunakan analisis data primer. Model analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa : (1) Bauran pemasaran yang dilakukan kebun hidroponik Farm Pak D’ Yanto dalam meningkatkan penjualannya menggunakah seluruh aspek 7P yaitu product, price, place, promotion, process, people, physicl evidence. (2) Penerapan bauran pemasaran yang dilakukan kebun hidroponik Farm Pak D’ Yanto terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk meliputi. Faktor product terhadap keputusan konsumen adalah produk sehat, bebas pestisida, segar-segar dan bersih sehingga kualitas lebih terjamin. Faktor price terhadap keputusan konsumen adalah walaupun harga produk lebih mahal dari produk pasar tradisional akan tetapi harga yang diberikan relatif terjangkau karena sebanding dengan kualitas yang diberikan. Faktor place terhadap keputusan konsumen adalah menyediakan tempat yang indah, bersih, lokasi strategis dan mudah diakses membuat konsumen tertarik untuk berkunjung. Faktor promotion terhadap keputusan konsumen adalah adanya pemberian diskon dan iklan di media sosial yang menarik, sehingga orang akan lebih mudah mendapat informasi terkait produk yang dijual. Faktor physical evidence terhadap keputusan konsumen adalah tersedianya toilet, tempat cuci tangan, lahan parkir dan fasilitas umum lainnya membuat orang merasa nyaman. Faktor people terhadap keputusan konsumen adalah pembekalan kerja dalam bentuk treaning dan evaluasi bulanan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Faktor process terhadap keputusan konsumen adalah dari sumber daya manusia yang baik menjadikan pelayanan kasir, administrasi, packing, samapai pengiriman relatif cepat.
Kata Kunci : Pemasaran, Bauran Pemasaran, Keputusan Konsumen
LOADING LIST...
puspitaaprilia23@gmail.com
08995899067
NONE
Text
INSTIPER
2022
Yogyarta
LOADING LIST...