Ir. Sunardi, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PERBANDINGAN PASTA COKLAT DENGAN RED PALM OIL DAN VARIASI KONSENTRASI KUNING TELUR TERHADAP KARAKTERISTIK SELAI COKELAT


Selai cokelat merupakan produk olahan lemak kakao yang dapat dioleskan pada permukaan roti, sehingga juga disebut selai “cokelat” oles. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk pengaruh perbandingan red palm oil dengan pasta coklat dan variasi konsentrasi kuning telur terhadap karakteristik selai coklat yang dihasilkan dan untuk menentukan perbandingan pasta coklat dengan red palm oil dan konsentrasi kuning telur berapakah yang dapat menghasilkan selai coklat yang disukai konsumen.
Penelitian ini dirancang menggunakan rancangan blok lengkap dua faktor. Faktor pertama yaitu perbandingan pasta coklat dengan red palm oil P1= 60:40%, P2= 60:40%, P3= 40:60%. Faktor kedua adalah penambahan emulsifier kuning telur yang terdiri atas Y1= 1%, Y2= 1,5%, Y3= 2%.
Selai coklat yang dihasilkan dilakukan analisis meliputi: kadar lemak, air, abu, asam lemak bebas, beta karoten, gula reduksi, gula total, viskositas, daya oles, warna dan uji kesukaan warna, rasa, aroma, dan daya oles. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbandingan pasta coklat dengan red palm oil dan berpengaruh terhadap kadar lemak, air, asam lemak bebas, beta karoten, gula reduksi, viskositas, daya oles warna dengan metode chromameter dan uji kesukaan aroma, rasa, dan daya oles dan tidak berpengaruh terhadap kadar abu, gula total dan uji kesukaan warna. Sedangkan konsentrasi kuning telur berpengaruh terhadap kadar abu, dan tidak berpengaruh terhadap analisis lain. Berdasarkan uji kesukaan selai coklat yang paling disukai perbandingan pasta coklat dengan red palm oil 55%:45% dengan penambahan emulsifier kuning telur 1% dengan skor 5,47 (agak suka), kadar lemak 54,22%, beta karoten 385, 53 Ppm, viskositas 2550321 mPa.s.

LOADING LIST...
anugrahpratamaputra009@gmail.com
Ir. Sunardi, M.Si - Personal Name
Anugrah Pratama Putra - Personal Name
Dr. Maria Ulfah, STP., MP. - Personal Name
081242045908
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...