Dr. Ir. Hermantoro, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISA KEBUTUHAN DAYA POMPA/ UKURAN POMPA UNTUK IRIGASI PERTANIAN DARI SUMUR AIR DANGKAL DI WILAYAH SLADI, KALURAHAN UMBULREJO, KAPANEWON PONJONG, GUNUNG KIDUL


Jaringan irigasi yang memanfaatkan air tanah memberikan kontribusi yang besar bagi produksi pertanian terutama pada musim kemarau. Untuk memanfaat air tanah yang tersedia di gunakan pompa air. Penelitian ini dilakukan untuk manganalisis efektifitas pompa air dan menghitung kebutuhan jumlah dan ukuran pompa yang ada di wilayah sladi, kapanewon ponjong, gunung kidul. Dengan menggunakan metode studi lapangan dan wawancara serta penerapan rumus-rumus yang berhubungan dengan perhitungan pompa. Wilayah pengambilan data di wilayah sladi, kalurahan umbulrejo, kapanewon ponjong, gunung kidul dengan luasan lahan 14,77 ha. Dalam menentukan kebutuhan daya dan ukuran pompa yang akan sesuai meliputi debit pompa, menentukan kapasitas komponen-komponen yang akan digunakan seperti kapasitas tangki air, diameter pipa dan head total pada sistem pemipaan.
Berdasarkan hasil kebutuhan air untuk tanaman semangka sebesar 6,23 mm/hari. Jika di konversikan ke satuan volume memiliki kebutuhan debit 21,63 liter/detik pada luasan 14,77 ha dan perencanaan penyalaan pompa selama 12 jam per hari. Perencana kapasitas pompa disesuaikan dengan kebutuhan air tanaman semangka di dapat head loss total sebesar 24,145 m. Maka spesifikasi pompa yang direncanakan sesuai dengan kebutuhan air tanaman semangka dilihat dari diagram pemilihan standar pompa 100 x 80 C2 – 5 22, memiliki daya sebesar 22 HP.
LOADING LIST...
zulikafakhrianto388@gmail.com
Dr. Ir. Hermantoro, MS - Personal Name
Ir. Gani Supriyanto, MP (P) - Personal Name
Zulika Fakhrianto - Personal Name
082284685929
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...