Dr. Ir. Hermantoro, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS KEBUTUHAN SEL TENAGA SURYA SEBAGAI SUMBER TENAGA POMPA AIR SUMUR UNTUK IRIGASI DI WILAYAH SLADI, KALURAHAN UMBULREJO, KAPANEWON PONJONG, GUNUNG KIDUL


Penelitian ini mengangkat tema tentang Analisa kebutuhan sel tenaga surya sebagai sumber tenaga pompa air sumur untuk irigasi di wilayah Sladi, Kalurahan Umbulrejo, Kapanewon Ponjong, Gunung Kidul. Penelitian ini di lakukan untuk menganalisis beban listrik harian, daya panel surya serta jumlah dan daya baterai yang dibutuhkan. Dengan menggunakan metode studi lapangan dan wawancara serta data di wilayah tempat penelitian yang memiliki lahan pertanian di dominasi oleh lahan tegalan, atau tadah hujan, membuat lahan tersebut memiliki masalah kekeringan. Oleh karena itu PT. Virama Karya Persero melakukan pengembangan di desa tersebut dengan membuat sumur bor dengan pompa air bertenaga sel surya sebagai sumber air irigasi. Dalam menentukan kapasitas panel surya dan jumlah baterai yang di butuhkan meliputi beban listrik harian yang terdapat pada lokasi penelitian.
Berdasarkan hasil perhitungan pompa air yang digunakan memiliki kebutuhan listrik yaitu sebesar 29.828 watt per hari membutuhkan 15 buah panel surya dengan daya 410 WP. dan 42 baterai berdaya 60 Ah 12 v sebanyak 42 baterai.
LOADING LIST...
miftahulkhoirsiregar2000@gmail.com
Dr. Ir. Hermantoro, MS - Personal Name
Ir. Gani Supriyanto, MP (P) - Personal Name
Miftahul Khoir Siregar - Personal Name
081339866020
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...