Idum Satya Santi SP., MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KEMAPANAN LALAT ARGENTINA SEBAGAI AGENSI PENGENDALI HAYATI GULMA CHROMOLAENA ODORATA DI KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran dan tingkat serangan Lalat Argentina (Cecidochares connexa) sebagai agensi pengendalian Hayati Gulma Chromolaena odorata yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 yang berlokasi di Kabupaten Bantul.
Metode penelitian ini dilakukan dengan survey lapangan, pengamatan dan pengambilan sampel pada gulma Chromolaena odorata yang dilakukan di setiap titik point yang ada di Kabupaten Bantul sesuai arah mata angina yaitu Timur, Barat, Utara dan Selatan. Sampel kemudian diambil dan diteliti dengan cara menghitung banyaknya puru atau gal yang ada di setiap tanaman yang akan di teliti.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada wilayah Timur Kabupaten bantul tingkat rata rata tertinggi serangan oleh lalat Cecidochares connexa adalah sebanyak 70%, wilayah barat sebanyak 81%, wilayah utara sebanyak 72% dan wilayah selatan adalah sebanyak 81%. Tingginya persentase tanaman terserang oleh lalat Cecidochares connexa menunjukkan bahwa lalat Cecidochares connexa telah berhasil menyebar luas ke seluruh wilayah Kabupaten Bantul.
Kata kunci : lalat argentina, gulma siam, kemapanan


LOADING LIST...
hendikaarifhidayat@gmail.com
Idum Satya Santi SP., MP (P) - Personal Name
Ir Samsuri Tarmadja, MP. - Personal Name
Hendika Arif Hidayat - Personal Name
081226043150
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...