Prof. Dr. Kadarwati Budihardjo, SU; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

INTEGRASI KERBAU UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PEMANEN PADA MANAJEMEN PANEN DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kerbau terhadap produktivitas, kebetahan karyawan, dan integrasi pada perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini di lakukan pada bulan Mei - Desember 2021. Pembuatan sistem panen kerbau dilakukan di Perusahaan TUNAS AGRO SUBUR KENCANA Parenggean, yang terletak di Kabupaten Kotawaringin Timur.
Analisis data pada penelitian ini meliputi analisis produktivitas, analisis pendapatan, dan analisis turnover tenaga kerja . Sedangkan data hasil kuisioner dilakukan analisis kepuasan dan kebetahan karyawan , dengan item kuisioner yang sudah melalui proses uji validitas dan realibilitas. Analisis data dominansi gulma dengan menggunakan SDR (Summed Dominance Ratio) menggunakan metode titik.Pengujian data dilakukan dengan pengujian satu faktor antar perlakuan. Pengujian dilakukan dengan aplikasi SPSS dengan uji t (Independet Sample T test ) dengan jumlah responden 40 orang dari panen kerbau dan manual.
Panen mempergunakan kerbau dapat meningkatkan produktivitas dari pada pemanen manual di perkebunan kelapa sawit. Peningkatan produktivitas pemanen yang mempergunakan kerbau dapat meningkatkan pendapatan sehingga dapat me memperbaiki kebetahan karyawan bersangkutan di perkebunan kelapa sawit

LOADING LIST...
esp.planter@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...