Ngatirah SP. MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

SURVEY KUALITAS MINYAK GORENG KELAPA TRADISIONAL PADA PENGRAJIN MINYAK KELAPA DI KABUPATEN SLEMAN DIY


Telah dilakukan penelitian tentang survey kualitas minyak goreng kelapa tradisional pada pengerajin minyak kelapa di sleman DIY melalui tahapan proses pengolahan minyak kelapa sehimgga didapatkan kualitas yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas produk akhir minyak goreng tradisional dan mendapatkan hasil perbandingan dengan minyak goreng komersial, serta memperoleh kualitas minyak kelapa yang tepat sehingga disukai konsumen. Penelitian ini dirancang menggunakan rancangan blok lengkap satu faktor yang terdiri enam taraf. Taraf A = produk minyak kelapa moyudan. Taraf B = produk minyak kelapa sumberrarum. Taraf C = produk minyak kelapa pucanganom. Taraf D = produk minyak kelapa, caturharjo. Taraf E = produk minyak kelapa godean. Taraf F = produk minyak kelapa komersial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan dari beberapa produk minyak kelapa pada setiap produsen. Hasil dari survey minyak kelapa dalam perbedaan proses pengolahan minyak kelapa tradisional, pada tahap pengolahan. Berdasarkan hasil dari survey dari beberapa produsen menunjukkan ada satu produsen yang melakukan proses pemurnian minyak kelapa menggunakan arang aktif. Produsen A melakukan proses pemurnian, tiga tahapan penyaringan, pertama melakukan penyaringan minyak dan blondo kedua minyak disaring dan di masukan ke dalam wajan selanjutnya melakukan pemanasan kembali dengan menggunakan arang aktif untuk melakukan pemurnian, selanjutnya minyak di saring kembali menggunakan kertas saring sedangkan produsen lainya hanya melakukan sekali penyaringan pada minyak dan blondo. Variasi produsen minyak kelapa tradisional berpengaruh terhadap kadar air, asam lemak bebas, kadar kotoran, bilangan peroksida, uji warna colorimeter, dan uji kesukaan warna namun tidak berpengaruh uji kesukaan aroma.
Minyak kelapa tradisional terbaik yang kualitas nya mendekati minyak kelapa komersial, di proses dari produsen A dengan hasil kadar air 0,10 %, asam lemak bebas 0,79 %, kadar kotoran 0,04 %, bilangan peroksida 0,41 meq/g, warna colorimeter L 29,81, warna a 1,68, warna b 5,61.

LOADING LIST...
sganda299@gmail.com
Ngatirah SP. MP - Personal Name
Dr. Ir. Adi Ruswanto, M.P (P) - Personal Name
GANDA SIRINGO-RINGO - Personal Name
082288952045
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...