Ir. Sunardi, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Karakteristik Biodegradable Foam Berbahan Baku Serbuk Pelepah Sawit dan Derivat Selulosa


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh jenis bahan pengisi dan konsentrasi bahan pengisi terhadap karakteristik fisik dan mekanik biodegradable foam berbahan baku serbuk pelepah sawit dan derivat selulosa sebagai bahan pengisi. Serta menganalisa jenis bahan pengisi konsentarsi bahan pengisi yang mampu menghasilkan biodegradable foam dengan karakteristik terbaik.
Rancangan penelitian ini menggunakan metode rancangan blok lengkap yang terdiri dari dua faktor. Faktor A adalah variasi jenis bahan pengisi yang terdiri dari 3 taraf yaitu A1 (Serbuk Pelepah Sawit), A2 (Selulosa Pelepah Sawit) dan A3 (CMC Komersial). Sedangkan faktor B adalah variasi konsentrasi bahan pengisi yang terdiri dari 3 taraf yaitu B1 (10 gram), B2 (15 gram) dan B3 (20 gram).
Variasi jenis bahan pengisi yang ditambahkan berpengaruh terhadap densitas, daya serap air, warna (L*) dan kuat tarik. Namun tidak berpengaruh terhadap biodegradibility. Sedangkan, variasi konsentrasi bahan pengisi yang digunakan berpengaruh terhadap warna (L*). Namun tidak berpengaruh terhadap densitas, daya serap air, biodegradibility dan kuat tarik. Biodegradable foam terbaik yang dihasilkan pada penelitian kali ini adalah A3B1 dengan nilai densitas 0,21 g/cm3, nilai L* 84,57, daya serap air 0,71%, biodegradibility 0,80% dan kuat tarik 0,762 N/mm3.

LOADING LIST...
dyas.imanuel@gmail.com
Ir. Sunardi, M.Si - Personal Name
Imanuel Dyas Erlangga - Personal Name
Ngatirah, SP, MP. IPM (P) - Personal Name
085159001891
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...