Aryobimo Anggito; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Substitusi Tepung Biji Mangga Arumanis (Mangifera indica L) dan Tinta Cumi-cumi (Loligo sp) Pada Kerupuk Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia dan Organoleptik


Kerupuk adalah salah satu makanan kecil yang bertambah banyak saat digoreng dan menjadi keropos dan kurang padat saat digoreng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi konsentrasi tepung biji mangga dan tinta cumi-cumi terhadap sifat fisik, kimia dan organoleptik kerupuk.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) 2 faktor. Faktor pertama perbandingan tepung tapioka dan tepung biji mangga (A) yang terdiri dari 3 taraf (%b/b) yaitu (A1 = 90:10), (A2 = 85:15), (A3 = 80:20). Faktor kedua adalah konsentrasi tinta cumi-cumi (B) yang terdiri dari 3 taraf yaitu (B1 = 1%), (B2 = 2%), (B3 = 3%). Kerupuk yang dihasilkan dianalisis kadar air, kadar abu, protein, gula reduksi,total perbedaan warna serta uji organoleptik kesukaan terhadap aroma, warna, rasa dan tekstur.
Perbandingan tepung tapioka dan tepung biji mangga berpengaruh terhadap kadar abu, kadar gula reduksi, organoleptik warna dan organoleptik rasa. Sementara konsentrasi tinta cumi-cumi berpengaruh terhadap fisik total perbedaan warna, organoleptik warna, organoleptik tekstur dan organoleptik rasa. Kerupuk dengan nilai uji organoleptik terbaik diperoleh pada perbandingan tepung tapioka dan tepung biji mangga (A1 = 90:10) dengan penambahan tinta cumi-cumi (B1 = 1%) yaitu (A1B1) dengan hasil nilai kesukaan 5,29 (agak suka).

LOADING LIST...
aryobimo.ab45@gmail.com
08886848678
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...